[SALAH] “SEKOLAH DASAR NEGERI CEBONGAN 01 JL. KOLAM KODOK NO.32”

16

[SALAH] “SEKOLAH DASAR NEGERI CEBONGAN 01 JL. KOLAM KODOK NO.32”

Hasil Periksa Fakta Rizqi Abdul Azis (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia).

Gambar suntingan atau editan. Foto papan nama yang asli bertuliskan “SEKOLAH DASAR NEGERI CEBONGAN 01 KECAMATAN ARGOMULYO KODYA SALATIGA ALAMAT DS CEBONGAN KEC ARGOMULYO 50731”.

Iklan Layanan Masyarakat

= = = = =

KATEGORI: KONTEN YANG DIMANIPULASI

= = = = =

SUMBER: FACEBOOK

[SALAH] “SEKOLAH DASAR NEGERI CEBONGAN 01 JL. KOLAM KODOK NO.32”

https://archive.vn/olmZc

= = = = =

NARASI:

“Bejo ID atau Bejo I Dungu.. baru lulus pendidikan jd cebonger.. tolong dibantu ya..utk medptkan nasi bungkus.. krn tanoa nasi bungkus… dungunya masih amatir an…”

“TEMPAT PENDIDIKAN PENJILAT SONTOLOYO khusus cebong
SEKOLAH DASAR NEGERI CEBONGAN 01
jl. kolam kodok no.32
SETELAH LULUS
DIPEKERJAKAN SEBAGAI PENEBAR HOAK DAN FITNAH”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Facebook bernama Sofhy Sofhy mengunggah status pada tanggal 06/9/2020 di grup facebook ‘Indonesia 24 Jam’ berupa foto papan nama sekolah bertuliskan ‘SEKOLAH DASAR NEGERI CEBONGAN 01 JL. KOLAM KODOK NO.32’.

Setelah ditelusuri melalui laman sekolah.data.kemdikbud.go.id, diketahui papan nama yang asli bertuliskan “SEKOLAH DASAR NEGERI CEBONGAN 01 KECAMATAN ARGOMULYO KODYA SALATIGA ALAMAT DS CEBONGAN KEC ARGOMULYO 50731”. Pada bagian alamat telah di sunting atau diedit menjadi “jl. kolam kodok no.32”. Jalan ‘kolam kodok’ tidak ditemukan di daerah sekitar sekolah maupun dari hasil penelusuran melalui google maps.

Cebongan sendiri merupakan salah satu nama daerah di kota Salatiga, Jawa Tengah. Sekolah ini terdaftar dalam Data Pokok Pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kemendikbud melalui situs dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id sebagai Sekolah Dasar (SD) milik Pemerintah Daerah. Narasi yang menyebut ‘tempat pendidikan penjilat sontoloyo’ juga tidak berhubungan dengan gambar yang ditampilkan. Dari penelusuran di atas, status tersebut masuk kategori Konten yang Dimanipulasi.


Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here