[SALAH] “seorang pasien kanker melemparkan uang di seluruh koridor rumah sakit”

12

[SALAH] "seorang pasien kanker melemparkan uang di seluruh koridor rumah sakit"

Bukan pasien kanker. Uang dalam foto itu dilemparkan oleh seorang pria yang bertengkar dengan mantan pacarnya, seorang perawat di rumah sakit di Harbin, Cina, pada 3 Juli 2014.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Menyesatkan
============================================

Iklan Layanan Masyarakat

Akun Dina Daniati Milagros (fb.com/dina.daniati.7583) mengunggah gambar dengan narasi sebagai berikut:

“KETIKA HARTA BUKANLAH SEGALANYA
Poto ini diambil di rumah sakit habrin(tiongkok),seorang pasien kanker membawa tas penuh uang meminta dokter menyelamatkan hidupnya dan dia punya banyak uang untuk membayarnya..
Tapi dokter bilang dia tidak bisa melakukan apapun karena kankernya sudah stadium akhir..
Dia begitu marah dan frustasi sehingga ia melemparkan uang di seluruh koridor rumah sakit. Sambil berteriak : ‘apa gunanya memiliki uang….!!! Apa gunanya memiliki uang !!!!
Uang tidak dapat membeli kesehatan,uang tidak dapat membeli waktu,uang tidak dapat membeli kehidupan. Sungguh pelajaran bagi kita untuk selau menjaga kesehatan ,beramal kebaikan demi bekal menuju akhirat dan berdoa,supaya umur kita bermanfaat bagi orang lain..
Meskipun pendek ataupun panjang..”

[SALAH] "seorang pasien kanker melemparkan uang di seluruh koridor rumah sakit"

Sumber : https://archive.md/2oCoD (Arsip)

============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran klaim Tim Cek Fakta Tempo, klaim bahwa ada pasien kanker melemparkan uang di seluruh koridor rumah sakit adalah klaim yang salah.

Tim CekFakta Tempo menelusuri foto-foto itu dengan reverse image tool Source, Google, Yandex, dan TinEye. Hasilnya, ditemukan bahwa peristiwa dalam foto-foto di atas memang terjadi di sebuah rumah sakit di Harbin, Cina. Namun, pemilik uang tersebut bukanlah pasien kanker. Foto-foto ini juga telah beredar di internet sejak 2014.

Salah satu situs yang pernah memuat foto-foto tersebut adalah situs News.qq.com, yakni pada 5 Juli 2014. Foto-foto itu terdapat dalam sebuah artikel yang ditulis dalam bahasa Tionghoa yang jika diterjemahkan berbunyi “Pria dengan jutaan uang tunai menghancurkan kekasihnya”.

Ada empat foto yang dimuat dalam artikel tersebut. Menurut artikel ini, yang mengutip keterangan dari seorang dokter di Rumah Sakit Universitas Kedokteran Harbin II, peristiwa itu terjadi pada 3 Juli 2014 di koridor ruang gawat darurat Rumah Sakit Universitas Kedokteran Harbin I.

Menurut pihak rumah sakit yang diwawancarai wartawan, peristiwa tersebut melibatkan seorang perawat wanita yang bertengkar dengan seorang pria karena masalah pribadi. Walaupun banyak uang yang berserakan di lantai, tidak ada insiden perebutan uang.

Peristiwa tersebut juga diberitakan oleh situs Shanghaiist.com dengan judul “Seorang pria melemparkan 1 juta RMB kepada mantan pacarnya dalam sebuah pertengkaran di rumah sakit”. RMB merupakan singkatan dari Renminbi atau Yuan, mata uang Cina.

Menurut artikel itu, pria yang sudah menikah tersebut melemparkan 1 juta RMB kepada mantan pacarnya, seorang perawat di Rumah Sakit Universitas Kedokteran Harbin, karena ia menerima sebuah mobil BMW baru dari pacarnya yang sekarang.

Seorang petugas rumah sakit mengatakan kepada wartawan bahwa keduanya bertengkar di luar ruang gawat darurat sebelum insiden pelemparan uang tersebut. Untungnya, penjaga keamanan dapat meredakan situasi itu, meskipun tidak diketahui apa yang terjadi pada uang tersebut.


Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here