[SALAH] “Seragam Baru Polri Seragam Lama Coklat untuk Satpam”

19


Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR (Universitas Airlangga).

Informasi Palsu. Faktanya, seragam warna biru yang dipakai keempat orang yang berjejer tersebut digunakan sebagai modus penipuan. Mereka akhirnya ditangkap oleh Kepolisian Barelang karena melalukan aksi penipuan dengan menyamar sebagai Polisi China.

Iklan Layanan Masyarakat

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

=====

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/JeO9q

====

NARASI:
Seragam Baru Nihooo

*gambar 1
4 orang bejejer mengenakan seragam polisi berwarna biru
dengan tulisan: Seragam Baru Polri Seragam Lama Coklat untuk Satpam.

*gambar 2
Beberapa orang dari Kepolisian membawa seragam berwarna biru.

*gambar 3
gambar anak-anak memakai seragam polisi.

=====

PENJELASAN:

Beredar postingan di Facebook oleh akun bernama “Banyu Langit V”, postingannya disertai 3 foto, yakni foto 4 orang berseragam polisi warna biru, beberapa orang Polisi membawa seragam polisi berwarna biru dan gambar anak-anak memakai seragam polisi berwarna biru. Postingan Banyu juga terdapat narasi bahwa seragam biru tersebut adalah seragam baru Kepolisian RI dan seragam coklat digunakan Satpam.

Setelah dilakukan penelusuran fakta terkait, klaim Banyu Langit V adalah hoax.

Hoax serupa juga beredar sejak Oktober tahun 2020 lalu, yang menarasikan seragam Polisi RI telah berubah warna menjadi biru mirip “Komunis Tiongkok”

Dilansir dari jawapos.com, keempat orang pada gambar yang mengenakan seragam Polisi berwarna biru tersebut adalah WNA asal Tiongkok yang menyamar sebagai Polisi China untuk melakukan penipuan.

Kapolres Barelang AKBP Prasetyo Rachmat Purboyo menerangkan, para WNA tersebut beraksi dan menipu para WNA asal Tiongkok di Indonesia, dengan cara menghubungi para korban lewat internet dan video call untuk dimintai transfer sejumlah uang ke rekening bank di Tiongkok.

“Mereka ini tugasnya menghubungi. Meminta sejumlah uang untuk ditransfer ke rekening di Tiongkok. Korbannya adalah warga negara Tiongkok yang ada di Indonesia,” ujar Kapolres Barelang AKBP Prasetyo.

Adapun foto para Polisi yang membawa seragam berwarna biru merupakan gambar yang berasal dari artikel portal berita online batamnews.co.id, dengan judul artikel “Pura-pura Jadi Polisi China, Modus Pelaku Cyber Fraud di Batam” dimuat pada Jumat 20 September 2019.

Masih sehubungan dengan kasus penyamaran WNA asal Tiongkok, artikel dari batamnews.co.id tersebut menginformasikan bahwa pihak Kapolresta Balerang telah menangkap warga asing asal China dan Taiwan berjumlah 47 orang, karena terbukti melakukan penipuan kepada WNA China di Indonesia.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim Banyu Langit V adalah HOAX dan termasuk kategori Konten yang Menyesatkan.

=====
REFERENSI:
https://www.batamnews.co.id/berita-53388-purapura-jadi-polisi-china-modus-pelakue-cyber-fraud-di-batam.html

https://www.jawapos.com/hoax-atau-bukan/17/10/2020/hoax-polri-mengubah-warna-seragam-seperti-polisi-tiongkok/?amp

https://m.medcom.id/amp/3NOqrAXk-cek-fakta-seragam-polri-akan-diganti-berwarna-biru-seperti-polisi-tiongko

=====

Penulis: Ani Nur MR
Editor: Bentang Febrylian

.

Source link

Previous article[SALAH] Presiden, Menteri Agama, dan TV Nasional Tidak Mengucapkan Tahun Baru Islam
Next articleBEKALI POLITISI DENGAN WIRID LAQAD JA…
Artikel diambil dari website resmi Turn Back Hoax (https://turnbackhoax.id), situs yang dikelola oleh MAFINDO, Masyarakat Anti Hoax Indonesia (https://www.mafindo.or.id). Sumber kontennya adalah hasil diskusi grup Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax (FAFHH) di Facebook.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here