[SALAH] SPBU Tutup Sementara dari 12 sampai 17 Juli 2021

0


Hasil Periksa Fakta Luthfiyah Oktari Jasmien (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Unit Manager Communication Relations dan CSR Pertamina MOR III, Eko Kristiawan dan Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), Putut Andriatno menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan hoaks.
Selengkapnya pada penjelasan!
= = = = =

Iklan Layanan Masyarakat

KATEGORI: Konten Palsu

= = = = =
SUMBER: Facebook
https://bit.ly/3hP1ECG

= = = = =

NARASI:
“PENGUMUMAN
PENUTUPAN SPBU SEMENTARA
12 Juli 2021 – 17 Juli 2021

Sebagai komitmen Pertamina dalam mendukung program pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19″
= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook bernama Halimah Sabiq memposting sebuah gambar yang di dalamnya terdapat narasi tentang pengumuman bahwa SPBU akan tutup sementara pada tanggal 12 Juli 2021 – 17 Juli 2021 untuk mendukung program pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19.

Setelah ditelusuri melansir dari liputan6.com terdapat infomasi bahwa gambar tersebut tidak benar. Unit Manager Communication Relations dan CSR Pertamina MOR III, Eko Kristiawan mengatakan seluruh SPBU dan Agen LPG masih beroperasi dengan normal. Stok BBM dan LPG pun aman dan masih mencukupi bila diperlukan penambahan selama masa PPKM atau pembatasan kegiatan.

“Sebagai bentuk dukungan memutus penyebaran covid, seluruh fasilitas dan sarana operasi Pertamina dipastikan mematuhi Protokol kesehatan yang berlaku,” kata Eko melansir dari Liputan6.com.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), Putut Andriatno menyatakan, Pertamina menutup SPBU untuk memutus penyebaran Covid-19 sejak 12-17 Juli 2021 hoaks.

Dengan demikian postingan Facebook Halimah Sabiq adalah hoaks. Hal tersebut dijelaskan PT Pertamina sehingga masuk dalam kategori konten palsu.
REFERENSI:
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4602539/cek-fakta-hoaks-informasi-pertamina-tutup-spbu-untuk-putus-penyebaran-covid-19
https://amp.kompas.com/tren/read/2021/07/09/175600865/hoaks-spbu-pertamina-tutup-sementara-pada-12-17-juli-2021

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian

Source link

Previous article[SALAH] Menyebut Diri Pembantu Presiden, Menteri Agama Sungkem Ke Gibran
Next article[SALAH] Presiden Biden Berlutut di Hadapan Presiden Israel dan Menyatakan Dukungan Penuh untuk Israel
Artikel diambil dari website resmi Turn Back Hoax (https://turnbackhoax.id), situs yang dikelola oleh MAFINDO, Masyarakat Anti Hoax Indonesia (https://www.mafindo.or.id). Sumber kontennya adalah hasil diskusi grup Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax (FAFHH) di Facebook.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here