[SALAH] Suara Adzan Di Masjid Dapat Mengecilkan Virus Corona

2


Unggahan video tentang suara azan dapat melemahkan virus Corona tidak benar. Video terkait penelitian itu sudah pernah dibantah oleh artikel ilmfeed.com berjudul “This Viral Video About The Effects of Music and the Adhan on the Body is Simply Not True” pada 12 Oktober 2016, mengatakan grafik suara tidak muncul karena tipe suara mono, bukan efek dari azan.

======

Iklan Layanan Masyarakat

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

[SUMBER]: https://archive.fo/9BpMk

======

[NARASI]:

“Suara adzan yang dikumandangkan di Masjid berpengaruh terhadap virus Corona. Hasil penelitian menjelaskan adzan dapat mengecilkan Corona. Negara-negara Eropa mengijinkan Masjid dibuka. Pemerintah Indonesia perlu segera membuka Masjid agar umat Islam dapat melaksanakan ibadah”.

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun twitter bernama @/SamudroTjondr11 mengunggah cuitan yang mengklaim bahwa suara adzan dapat mengecilkan virus Corona. Dirinya juga menambahkan bahwa klaim tersebut telah diteliti dan negara-negara di Eropa mengijinkan Mesjid dibuka.

Berdasarkan penelusuran, klaim berupa video bahwa suara adzan dapat menjadi penyembuhan pernah tayang di laman YouTube dengan judul “The Spiritual Healing Effects Of Adhaan (call to prayer)” diunggah oleh kanal Mehbooba – pada 11 Oktober 2016.

Video tersebut kemudian dibantah faktanya oleh artikel ilmfeed.com berjudul “This Viral Video About The Effects of Music and the Adhan on the Body is Simply Not True” pada 12 Oktober 2016. Artikel tersebut mengatakan bahwa perbandingan grafik suara tersebut bukan efek dari suara azan. Grafik tersebut tidak muncul karena tipe suara azan yang dimainkan adalah mono.

Dalam penelusuran lain, melansir dari tirto.id, salah satu potongan gambar dalam video orang yang sedang mengumandangkan adzan setelah ditelusuri adalah potongan gambar sejumlah Muslim di Spanyol yang mengumandangkan azan di balkon. Melalui penelusuran gambar via Source, terdapat dua media massa besar melaporkan potongan video yang sama, yakni Anadolu Agency dan Hurriyet.

Dalam artikel hurriyet.com.tr membahas mengenai masyarakat Spanyol yang berinisiatif mengumandangkan azan sebagai bentuk dukungan mereka kepada semua yang berjuang melawan virus tersebut.

======

REFERENSI:

https://www.hurriyet.com.tr/avrupa/ispanyadaki-muslumanlardan-destek-icin-ezan-41476498

https://tirto.id/misinformasi-suara-azan-dapat-melemahkan-virus-corona-eNsG

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4225690/cek-fakta-video-ini-bukan-bukti-suara-azan-lemahkan-virus-corona-covid-19

Source link

Previous article[SALAH] “Khusus D.K.I Mulai tanggal 7-30 juli, mohon seluruh warga JAKARTA tidak keluar rumah di malam hari”
Next article[SALAH] Campuran Air Panas dan Lemon, Rahasia Vietnam Tak Alami Kasus Kematian Akibat Covid-19
Artikel diambil dari website resmi Turn Back Hoax (https://turnbackhoax.id), situs yang dikelola oleh MAFINDO, Masyarakat Anti Hoax Indonesia (https://www.mafindo.or.id). Sumber kontennya adalah hasil diskusi grup Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax (FAFHH) di Facebook.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here