[SALAH] Tepung Terigu Bisa Obati Luka Bakar

8

[SALAH] Tepung Terigu Bisa Obati Luka Bakar

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Informasi yang salah. Faktanya, tepung terigu tidak memiliki kandungan khusus yang bermanfaat untuk mengobati luka bakar. Penggunaan tepung terigu untuk mengobati luka bakar dapat berpotensi menyebabkan infeksi pada luka.

Iklan Layanan Masyarakat

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/THSiG

= = = = =

NARASI:

(diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia)

“SIMPAN SATU KANTUNG TEPUNG TERIGU DALAM KULKAS ANDA… SILAKAN BACA… MANFAAT DARI TEPUNG TERIGU:

Beberapa waktu yang lalu, saya sedang merebus jagung dan mencoba menusuk jagung yang tengah direbus dengan garpu untuk mengecek apakah jagung sudah matang. Sayangnya saya ceroboh dan tangan saya terkena air mendidih…!!

Seorang teman saya, yang merupakan veteran tentara yang berperang di Vietnam, masuk ke dapur ketika mendengar saya berteriak dan bertanya apakah saya memiliki tepung terigu. Saya mengambil sekantung tepung terigu dan teman saya memasukkan tangan saya yang terluka ke dalam kantung tepung terigu tersebut. Ia menyuruh saya untuk mendiamkan tangan saya di dalam tepung terigu selama 10 menit.

Teman saya mengatakan bahwa di Vietnam, ada seorang pria yang terbakar dan orang-orang menuangkan satu kantung tepung terigu ke seluruh tubuhnya untuk membantu memadamkan api… Tidak hanya api berhasil dipadamkan, tetapi pria itu juga tidak memiliki bekas luka bakar sama sekali!!!! … Singkat cerita, setelah saya mendiamkan tangan saya yang terkena air mendidih di dalam kantung tepung terigu selama 10 menit, sama sekali tidak ada bekas luka bakar dan sama sekali tidak terasa sakit.”

= = = = =

PENJELASAN:

Pengguna Facebook Robert Coppett membagikan pengalamannya (5/9) menggunakan tepung terigu untuk mengobati luka bakar akibat air panas mendidih. Robert Coppett menyatakan bahwa dengan membubuhkan tepung terigu ke tangan atau bagian tubuh lain yang mengalami luka bakar dan mendiamkannya selama 10 menit dapat membantu mengobati luka bakar serta menghilangkan bekas merah dari luka bakar tersebut.

Berdasarkan hasil penelusuran, tepung terigu tidak memiliki kandungan yang bermanfaat untuk mengobat luka bakar. Dilansir dari detikHealth, penggunaan bahan makanan untuk mengobati luka bakar sangat tidak dianjurkan, karena berpotensi menyebabkan infeksi pada luka. Selain itu, menuangkan tepung terigu ke api yang menyala juga dapat menyebabkan bahaya ledakan.

Informasi dengan topik yang sama sebelumnya juga pernah dimuat dalam situs USA Today dengan judul “Fact check: Experts Say Flour Is Not A Natural Treatment for Burns” dan mengkategorikannya sebagai false.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh pengguna Facebook Robert Coppett dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content. Jika mengalami luka bakar, maka diharapkan untuk menghubungi dokter secepatnya.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.usatoday.com/story/news/factcheck/2020/09/25/fact-check-do-not-use-flour-treat-burns/3531069001/
https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-2420831/begini-pertolongan-pertama-saat-kena-luka-bakar
https://www.wisegeek.com/what-causes-flour-to-explode.htm

[SALAH] Tepung Terigu Bisa Obati Luka Bakar
[SALAH] Tepung Terigu Bisa Obati Luka Bakar
[SALAH] Tepung Terigu Bisa Obati Luka Bakar
[SALAH] Tepung Terigu Bisa Obati Luka Bakar

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here