[SALAH] “TERBONGKAR 19 BANDARA DI INDONESIA SEBAGAI JALAN MASUK EMIGRAN CHINA”

13

[SALAH] "TERBONGKAR 19 BANDARA DI INDONESIA SEBAGAI JALAN MASUK EMIGRAN CHINA"

Pelintiran narasi dari pengunggah video pertama. Selain itu, penerbangan dari Wuhan sudah dilarang dan dilakukan juga pengetatan di 19 bandara.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

Iklan Layanan Masyarakat

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

======

SUMBER

[SALAH] "TERBONGKAR 19 BANDARA DI INDONESIA SEBAGAI JALAN MASUK EMIGRAN CHINA"

http://bit.ly/38iOHes / http://archive.md/Q70JA (arsip cadangan), post ke grup “KONTRA INTELIJEN” (facebook.com/groups/145597852649940) oleh akun “Chaca Wulandari” (facebook.com/profile.php?id=100017410743105). Sudah dibagikan 1,429 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“TERBONGKAR 19 BANDARA DI INDONESIA SEBAGAI JALAN MASUK EMIGRAN CHINA SEJAK TAHUN 2014 DAN DIRAHASIAKAN OLEH REZIM JOKOWI

Serangan virus Corona yang mematikan telah masuk ke Indonesia melalui para emigran China melalui 19 Bandara di wilayah Indonesia.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) merilis baru 1 bandara yang ketahuan terpapar virus Corona.

Namun dirahasiakan oleh pemerintah.

يُخَادِعُونَ اللَّهَ وَالَّذِينَ آمَنُوا وَمَا يَخْدَعُونَ إِلَّا أَنْفُسَهُمْ وَمَا يَشْعُرُونَ

“Mereka hendak menipu Allah dan orang-orang yang beriman, padahal mereka hanya menipu dirinya sendiri sedang mereka tidak sadar.”
(QS. Al-Baqarah: 9)

Sejak menjabat menjadi Presiden Sejak tahun 2014 maka serempak 19 bandara menjadi pintu masuk emigran Chinese ke wilayah NKRI.

Disaat kampanye pilpres tahun 2014, Jokowi menjanjikan membuka 10 juta lapangan kerja yang ternyata seluruhnya untuk rakyat China.

Sementara rakyat Indonesia dibiarkan menganggur dan semakin terpuruk ekonominya.

Tercatat ada 157 pabrik milik Taipan China di Indonesia yang mempekerjakan jutaan emigran China (2015-2020).

SELAIN DARI PARA EMIGRAN, VIRUS MASUK KE INDONESIA JUGA MELALUI PRODUK CHINA

Hati² dgn jajanan anak² buatan China sperti sosis, makanan kemasan, bumbu dapur instan, sarden, minuman kaleng, minuman botol, minuman kemasan gelas dll karena sejak 5tahun terakhir seluruh produk tersebut di impor dari China namun dilabel “Made in Indonesia”.

Hindari mini market yang menjual produk² China.
(Alfamart & Indomaret) karena melalui kedua mini market ini produk China paling banyak dijual.

Waspada Indonesia rentan terpapar virus mematikan dari produk² dan Emigran China.

Sumber : Komunitas Spionase & Intelijen”.

======

PENJELASAN

[SALAH] "TERBONGKAR 19 BANDARA DI INDONESIA SEBAGAI JALAN MASUK EMIGRAN CHINA"

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

* SUMBER membagikan video dari akun Instagram @balikpapanku, mengenai rumah sakit rujukan dan pengetatan pengawasan ke bandara yang berhubungan langsung dengan Tiongkok.

* SUMBER mengganti narasi dari sumber awal sehingga menimbulkan kesimpulan yang salah.


[SALAH] "TERBONGKAR 19 BANDARA DI INDONESIA SEBAGAI JALAN MASUK EMIGRAN CHINA"

(2) Sumber video, http://bit.ly/2UB2wR9 / http://archive.md/Mc5cC (arsip cadangan) akun “Balikpapan, Kalimantan timur” (instagram.com/balikpapanku): “Setelah terkonfirmasi virus corona menyebar antarmanusia, kementrian kesehatan mengambil langkah dengan menyiapkan semua daerah untuk menetapkan rumah sakit rujukan jika ditemukan suspect kasus penularan virus tersebut.”

* TIDAK ADA narasi mengenai klaim “jalan masuk emigran cina” seperti yang dibagikan oleh SUMBER, salinan narasi selengkapnya di (1) bagian REFERENSI.

[SALAH] "TERBONGKAR 19 BANDARA DI INDONESIA SEBAGAI JALAN MASUK EMIGRAN CHINA"

* Membagikan video dari Berita Satu http://bit.ly/2SwCFqR / http://archive.md/vingK.


(3) Beberapa artikel yang berkaitan,

[SALAH] "TERBONGKAR 19 BANDARA DI INDONESIA SEBAGAI JALAN MASUK EMIGRAN CHINA"

* SINDOnews.com: “Karena itu, Budi menjelaskan bahwa berdasarkan pembahasan bersama beberapa kementerian itu, seluruh penerbangan Indonesia dari dan menuju Wuhan, China ditutup.”

Selengkapnya di http://bit.ly/37cqcy2 / http://archive.md/ivtxa (arsip cadangan).

[SALAH] "TERBONGKAR 19 BANDARA DI INDONESIA SEBAGAI JALAN MASUK EMIGRAN CHINA"

* KOMPAS.com: “Bandara- bandara yang memiliki penerbangan Internasional, terutama penerbangan langsung dari dan ke China, dipasang alat pendeteksi suhu tubuh untuk mengantisipasi terduga penderita virus corona. Alat tersebut bernama thermal scanner. “Terutama di pintu masuk pertama (bandara) negara melalui direct flight (penerbangan langsung dari dan ke China) ada 19 wilayah yang paling diperketat,” kata Vensya pada jumpa pers terkait update virus corona, Rabu (22/1/2020).”

Selengkapnya di “Cegah Virus Corona, 19 Pintu Masuk Indonesia Diperketat, Ini Daftarnya” http://bit.ly/2OGZCGK / http://archive.md/7tphw (arsip cadangan).


[SALAH] "TERBONGKAR 19 BANDARA DI INDONESIA SEBAGAI JALAN MASUK EMIGRAN CHINA"

(4) Mengenai narasi “Hati² dgn jajanan anak² buatan China”, WHO: “Komite tidak merekomendasikan pembatasan perjalanan atau perdagangan berdasarkan informasi terkini yang tersedia.”

Google Translate, selengkapnya di “Pernyataan tentang pertemuan kedua Komite Kesehatan Internasional (2005) Komite Darurat mengenai wabah virus coronavirus baru (2019-nCoV)” http://bit.ly/2ScMT0X / http://archive.md/MrVMV (arsip cadangan).


[SALAH] "TERBONGKAR 19 BANDARA DI INDONESIA SEBAGAI JALAN MASUK EMIGRAN CHINA"

(5) Mengenai narasi “Sumber : Komunitas Spionase & Intelijen”, Wikipedia: “Argumen dari otoritas ( argumentum ab anuctoritate ), juga disebut banding ke otoritas , atau argumentum ad verecundiam , adalah bentuk argumen yang tidak dapat ditolerir [1] di mana dukungan otoritas yang diklaim digunakan sebagai bukti untuk kesimpulan argumen.”

Google Translate, selengkapnya di “Argumen dari otoritas” http://bit.ly/2ScJpvm / http://archive.md/Vyecc (arsip cadangan).

======

REFERENSI

(1) Salinan narasi selengkapnya oleh akun sumber video:

“Setelah terkonfirmasi virus corona menyebar antarmanusia, kementrian kesehatan mengambil langkah dengan menyiapkan semua daerah untuk menetapkan rumah sakit rujukan jika ditemukan suspect kasus penularan virus tersebut. Selain itu, ada beberapa daerah yang juga diperketat pengawasannya. “Diperketat pengawasannya karena ada penerbangan langsung dari Tiongkok baik dari darat, laut, maupun udara,” tutur Direktur Survailans dan Karantina Kesehatan Kemenkes, drg Vensya Sitohang, saat dijumpai di Kantor Kemenkes RI, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (22/1/2020).
Adapun daerah tersebut antara lain:

  • Jakarta
  • Tangerang
  • Bandar Lampung
  • Padang
  • Tarakan
  • Balikpapan
  • Manokwari
  • Sampit
  • Bandung
  • Jambi
  • Tanjung Balai Karimun
  • Samarinda
  • Palembang
  • Tanjung Pinang
  • Denpasar
  • Surabaya
  • Batam
  • Bitung
  • Manado

Di 19 daerah tersebut, selain menyiapkan fasilitas kesehatan, di pintu masuk negara juga telah disediakan 860 set alat pelindung diri, 12 ribu masker n95 dan 35 ribu Health Alert Card. “Sekarang kita mengumpulkan semua informasi mengenai kondisi fasilitas kesehatan apakah membutuhkan tambahan fasilitas atau SDM. Bali termasuk RS Sanglah dan RS Tabanan kita sudah tunjuk untuk kejadian semacam ini,” jelas dr Asral Hasan MPH, Kasubdit Penunjang Yankes Rujukan Kemenkes.

Selengkapnya di : https://m.detik.com/health/berita-detikhealth/d-4870017/19-daerah-di-ri-dengan-kewaspadaan-tinggi-hadapi-virus-corona-mana-saja
Video via : berita satu”.


[SALAH] "TERBONGKAR 19 BANDARA DI INDONESIA SEBAGAI JALAN MASUK EMIGRAN CHINA"

(2) http://bit.ly/38oLzNO / http://archive.md/TLhHj (arsip cadangan), laporan (mention) ke MAFINDO (twitter.com/turnbackhoax).




Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here