[SALAH] Video “BERITA TERBARU ~ RONALDO SUMBANGKAN GAJINYA UNTUK BANTU HAMAS BELI ROKET”

9


Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Tidak ada fakta-fakta pendukung yang kredibel dalam video tersebut terkait sumbangan dari pesepakbola Cristiano Ronaldo kepada Hamas. Lebih lanjut, pesan video dari Ronaldo yang terdapat dalam video tersebut merupakan potongan dari pesan video untuk anak-anak Suriah yang diunggah pada tahun 2016 lalu.

Iklan Layanan Masyarakat

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.ph/QNUsU

= = = = =

NARASI:

“BERITA TERBARU ~ RONALDO SUMBANGKAN GAJINYA UNTUK BANTU HAMAS BELI ROKET”

= = = = =

PENJELASAN:

Pengguna Facebook dengan nama pengguna Anak Bangsa dalam forum “INDONESIA FOR PALESTINE” mengunggah sebuah video yang menyatakan bahwa pesepakbola dunia, Cristiano Ronaldo, menyumbangkan gajinya untuk membantu Hamas membeli roket. Dalam video tersebut, juga terdapat beberapa potongan pesan video dari Ronaldo.

Berdasarkan hasil penelusuran, narasi dalam video bahwa Ronaldo menyumbangkan gajinya untuk membantu Hamas membeli roket tidak didasari oleh fakta-fakta pendukung yang kredibel. Lebih lanjut, pesan video dari Ronaldo yang terdapat dalam video tersebut merupakan potongan dari pesan video yang diunggah oleh Ronaldo untuk anak-anak Suriah pada Desember 2016 lalu. Di menit 1:23 dalam video yang disebarkan, tampak Ronaldo mengatakan “children of Syria” atau “anak-anak Suriah”.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh pengguna Facebook dengan nama pengguna Anak Bangsa dalam forum “INDONESIA FOR PALESTINE” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://twitter.com/Cristiano/status/812297170040881152

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/GbmqxE4b-cek-fakta-cristiano-ronaldo-sumbangkan-gajinya-bantu-hamas-beli-roket-ini-faktanya

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian



Source link

Previous article[SALAH] Foto “Breaking News, Pria Misterius Bantai Tentara Israel, Israel Menyerah dan Mengakui Kedaulatan Palestina”
Next article[SALAH] Video “tentara Indonesia. Malaysia.burunai. afganistan. Turki bersatu berangkat mau perang di #palestin
Artikel diambil dari website resmi Turn Back Hoax (https://turnbackhoax.id), situs yang dikelola oleh MAFINDO, Masyarakat Anti Hoax Indonesia (https://www.mafindo.or.id). Sumber kontennya adalah hasil diskusi grup Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax (FAFHH) di Facebook.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here