[SALAH] Video Garam Dapur Yang Mengandung Serpihan Kaca

21

[SALAH] Video Garam Dapur Yang Mengandung Serpihan Kaca

Beredar kembali sebuah video yang diklaim bahwa garam merk tertentu mengandung serpihan kaca. setelah ditelusuri, kabar tentang adanya serpihan kaca dalam produk kemasan ini sudah dibantah oleh BPOM sejak 2017 lalu. Masyarakat perlu memahami soal garam dapur. Garam mengandung yodium dan terdiri dari senyawa kimia Natrium Klorida (NaCl). Dalam proses pembuatan garam terjadi kristalisasi garam yang akan menghasilkan Kristal NaCl berbentuk kubus. Bentuk kubus yang dihasilkan dari Kristal NaCl akan dihaluskan. Kristal garam akan pecah menyerupai bentuk pecahan kaca.

======

Iklan Layanan Masyarakat
[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

[SUMBER]: MEDIA SOSIAL

======

[NARASI]:

garam yg mengandung serpihan kaca

======

[PENJELASAN]:

Belum lama ini, beredar kembali sebuah video yang menunjukkan bahwa adanya garam yang mengandung serpihan kaca. Dalam video berdurasi 2 menit 15 detik itu, tampak dua orang tengah memberikan informasi tentang garam yang mengandung serpihan kaca.

Seorang di dalam video tersebut menyaring garam dengan menggunakan saringan. Garam tersebut kemudian dicelupkan ke dalam air. Mereka kemudian mengambil garam yang sudah basah tersebut, kemudian mereka mengklaim menemukan serpihan kaca di dalam garam tersebut.

Setelah dilakukan penelusuran, kabar atau video terkait garam yang mengandung serpihan kaca ini sudah beredar sejak 2017 lalu. pihak BPOM pun telah membantah bahwa informasi tersebut tidak benar adanya.

DIlansir dari liputan6.com, Masyarakat perlu memahami soal garam dapur. Garam mengandung yodium dan terdiri dari senyawa kimia Natrium Klorida (NaCl).Dalam proses pembuatan garam terjadi kristalisasi garam yang akan menghasilkan Kristal NaCl berbentuk kubus.

Bentuk kubus yang dihasilkan dari Kristal NaCl akan dihaluskan. Kristal garam akan pecah menyerupai bentuk pecahan kaca.

Terkait isu video tersebut, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menguji sejumlah merek garam dapur yang dikonsumsi, khususnya yang diisukan mengandung pecahan kaca. Hasil temuan, garam larut sempurna dalam air dan tidak ditemukan mengandung pecahan kaca. Klarifikasi ini dikeluarkan BPOM pada 18 Agustus 2017.

Bahkan, pada 2017 silam sebuah perusahaan yang memproduksi garam mengambil langkah hukum terkait isu tersebut. Perusahaan itu melaporkan tiga akun media sosial ke polisi, karena telah menyebarkan informasi bohong.

======

REFERENSI:

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4135410/cek-fakta-hoaks-video-garam-yang-mengandung-serpihan-kaca

https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-3604842/garam-campur-kaca-dan-tawas-bpom-tidak-ada-itu-hoax

https://tirto.id/bbpom-pastikan-garam-campur-kaca-berita-hoax-cuSR


Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here