[SALAH] Video Jarum Suntik Menghilang Saat Proses Vaksinasi Covid-19

17

[SALAH] Video Jarum Suntik Menghilang Saat Proses Vaksinasi Covid-19

Hasil periksa fakta Rizqi Abdul Azis (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia).

Jarum suntik tidak hilang. Alat suntik yang digunakan bernama “Safety Syringe” yang dapat menarik kembali jarum setelah digunakan.

Iklan Layanan Masyarakat

= = = = =

KATEGORI: MISLEADING CONTENT/KONTEN YANG MENYESATKAN

= = = = =

SUMBER: TWITTER

[SALAH] Video Jarum Suntik Menghilang Saat Proses Vaksinasi Covid-19

https://archive.vn/3jqQS

= = = = =

NARASI:
“Disappearing needles!! There soo desperate, come on!!”

Terjemahan Narasi:
“Jarum yang menghilang!! Sangat putus asa, ayolah!!”
= = = = =

PENJELASAN:

Beredar video proses vaksinasi Covid-19 di media sosial dengan narasi yang menyebutkan jarum menghilang setelah disuntikan ke tubuh pasien.

Dari hasil penelusuran, diketahui informasi tersebut tidak benar. Jarum pada suntikan tidak menghilang, tapi otomatis ditarik menggunakan suntikan khusus yang disebut “Safety Syringe” (Alat Suntik Pengaman). Alat suntik pengaman merupakan alat suntik dengan mekanisme keamanan tambahan untuk mengurangi risiko cedera pada petugas kesehatan dan orang lain akibat tertusuk jarum yang tidak disengaja.

Alat suntik pengaman telah digunakan secara luas selama lebih dari satu dekade dan hingga kini terdapat banyak model untuk jarum suntik jenis ini. Menggunakan alat suntik pengaman tidak berdampak pada jumlah vaksin yang didapat seseorang dan tidak berbeda dengan menerima vaksin melalui jarum suntik tradisional.

Dilansir dari bbc.com, klip video datang dari laporan yang disiarkan di BBC TV 16 Desember 2020, dibagikan oleh juru kampanye anti-vaksin. Mereka mengklaim jarum suntik palsu dengan “jarum yang menghilang” digunakan sebagai upaya pihak berwenang untuk mempromosikan vaksin yang sebenarnya tidak ada.

Dari penelusuran di atas diketahui jarum suntik tidak menghilang saat proses vaksinasi, melainkan alat yang digunakan berupa suntikan dengan pengaman tambahan yang dapat menarik kembali jarum setelah digunakan. Sehingga status tersebut masuk kategori Konten yang Menyesatkan.
= = = = =

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here