[SALAH] Video Kemacetan Jalan Tikus yang Dipenuhi Pemudik

8


Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Faktanya, video tersebut merupakan video lama yang pernah diunggah oleh akun TikTok Arex Ari Kristyanto tahun 2020 dan tidak berkaitan dengan mudik Idul Fitri 2021.

Iklan Layanan Masyarakat

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten yang Salah

====

Sumber: Twitter
https://archive.md/6y6gI

====

Narasi:

“Jalan Tikus juga sudah macet😐”

====

Penjelasan:

Akun Twitter Kodok Ijo II 🐸 😷 (@Midjan_La_2) mengunggah video yang diklaim sebagai video kemacetan jalan tikus dalam konteks mudik lebaran tahun 2021. Video yang diunggah pada 5 Mei 2021 itu telah ditonton sebanyak 365 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, video cuitan itu ditemukan pada akun TikTok Arex Ari Kristyanto. Dalam keterangannya, video yang diunggah pada tahun 2020 itu merupakan kegiatan bakti sosial yang berhasil mengumpulkan dana lebih dari Rp140.000.000.

“saking lama ny gak ada event.. bukan masalah.. macet ny tp niat bget hadiri baksosny.. alhamdullah tembus 140jt lebih..dana terkumpul.. #fypシ,”tulisnya.

Mengutip dari kumparan, pengunggah video TikTok itu lupa akan lokasi pengambilan video tersebut, antara Pati atau Wonosobo, Jawa Tengah. Sebab kegiatan tersebut telah lama dilakukannya.

“Jangan salah paham. Itu bukan video mudik. Itu video ngetrai. Buat beramal, baksos,”ujarnya kepada kumparan, Rabu (5/5).

Dari berbagai fakta di atas, cuitan akun Twitter Kodok Ijo II 🐸 😷 (@Midjan_La_2) dapat dikategorikan sebagai Konten yang Salah.

====

Referensi:

https://kumparan.com/kumparannews/viral-video-jalan-tikus-dipenuhi-pemotor-karena-larangan-mudik-begini-faktanya-1vgbeCBXGvt/full

Editor: Bentang Febrylian

Source link

Previous article[SALAH] Video Warga Mudik Lewat Sungai
Next article[SALAH] Foto Hasil CT Scan Paru-Paru Orang Yang Telah Divaksin dan Belum Divaksin
Artikel diambil dari website resmi Turn Back Hoax (https://turnbackhoax.id), situs yang dikelola oleh MAFINDO, Masyarakat Anti Hoax Indonesia (https://www.mafindo.or.id). Sumber kontennya adalah hasil diskusi grup Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax (FAFHH) di Facebook.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here