[SALAH] Video Penguburan Massal Produk Perancis

32

[SALAH] Video Penguburan Massal Produk Perancis

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Narasi yang salah. Faktanya, video tersebut merupakan video operasi resmi di bawah pengawasan Sekretariat al-Qassim, Arab Saudi untuk membuang sekitar 80.000 bungkus ayam kedaluwarsa yang tidak layak konsumsi tahun 2016.

Iklan Layanan Masyarakat

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten yang Salah/False Context

====

Sumber: Facebook
https://archive.vn/GWHdA

[SALAH] Video Penguburan Massal Produk Perancis

====

Narasi:

“Penguburan Masal Produk Perancis”

====

Penjelasan:

Akun Facebook Raffasya II mengunggah video disertai dengan narasi yang menggambarkan bahwa video tersebut merupakan video penguburan massal produk Perancis pada 30 Oktober 2020. Unggahan itu mendapat respon sebanyak 457 reaksi, 32 komentar, dan telah dibagikan sebanyak 599 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, ditemukan video serupa yang diunggah oleh akun YouTube Moha M dengan judul ” ياساتر وشش ذااا😱” pada 19 November 2016. Mengutip dari berita di portal Al Arabiya yang terbit pada 17 November 2016, video tersebut merupakan video yang diambil saat operasi resmi di bawah pengawasan Sekretariat wilayah al-Qassim untuk membuang sekitar 80.000 bungkus ayam kedaluwarsa yang tidak layak konsumsi.

Dengan demikian, unggahan akun Facebook Raffasya II dapat dikategorikan sebagai Konten yang Salah karena video tersebut bukan video penguburan massal produk Perancis, melainkan video operasi resmi pembuangan sekitar 80.000 bungkus ayam kedaluwarsa yang tidak layak konsumsi di bawah pengawasan Sekretariat al-Qassim tahun 2016.

====

Referensi:

https://english.alarabiya.net/en/variety/2016/11/17/Video-shows-Saudi-Arabia-getting-rid-of-80-000-packs-of-spoiled-chicken-

[SALAH] Video Penguburan Massal Produk Perancis

https://www.boomlive.in/amp/fake-news/no-this-video-does-not-show-saudi-government-disposing-french-products-10445

[SALAH] Video Penguburan Massal Produk Perancis

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here