[SALAH] Video Perawat Pingsan Setelah Mendapat Vaksin Covid-19, Potensi Genosida Massal

13

[SALAH] Video Perawat Pingsan Setelah Mendapat Vaksin Covid-19, Potensi Genosida Massal

Hasil periksa fakta Rizqi Abdul Azis (Anggota Komisarian MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia).

Bukan karena bahan dalam vaksin. Perawat mengatakan dirinya mempunyai riwayat medis yang menyebabkan dia mudah pingsan ketika menerima rangsangan seperti rasa sakit dan bukan karena bahan yang terkandung dalam vaksin.

Iklan Layanan Masyarakat

= = = = =

KATEGORI: MISLEADING CONTENT/KONTEN YANG MENYESATKAN

= = = = =

SUMBER: TWITTER

[SALAH] Video Perawat Pingsan Setelah Mendapat Vaksin Covid-19, Potensi Genosida Massal

https://archive.vn/kDCBr

[SALAH] Video Perawat Pingsan Setelah Mendapat Vaksin Covid-19, Potensi Genosida Massal

https://archive.vn/k1puw

= = = = =

NARASI:
“Di Amerika Serikat, seorang perawat di CHI Memorial Hospital bernama Tiffany Dover, sempat pingsan saat wawancara televisi sesaat setelah disuntik Vaksin Covid Pfizer-BioNTech.
Promo yg buruk utk vaksin pfizer nih 🙄”

“Watch this Nurse pass out after receiving the COVID vaccine. It’s so safe though, right? This will become a mass genocide if people continue to follow these rabid dictators.”

Terjemahan Narasi:
“Tonton perawat ini pingsan setelah menerima vaksin Covid. Sangat terlihat aman kan? Ini akan menjadi genosida massal jika orang terus mengikuti diktator gila ini”
= = = = =

PENJELASAN:

Beredar video di media sosial seorang perawat yang pingsan setelah mendapat suntik vaksin Covid-19 dengan narasi yang menyebut potensi genosida massal.

Perawat dalam video, Tiffany Dover, dari CHI Memorial Hospital di Chattanooga, Tennessee, adalah salah satu dari lima orang pertama yang menerima vaksin Pfizer-BioNTech. Setelah beberapa menit kemudian saat wawancara, Dover merasa pusing dan pingsan. Seorang dokter yang berdiri d ibelakang menangkapnya saat dia terjatuh. Namun postingan tidak memasukkan fakta bahwa Dover kembali berdiri tak lama setelah pingsan.

Dia dengan cepat pulih dan mengatakan baik-baik saja. Dover mengatakan bahwa dirinya memiliki kondisi medis di mana ia sering pingsan saat merasakan sakit. Alhasil, Dover mengaku tidak heran sampai pingsan usai menerima vaksin.

“Saya memiliki riwayat respons vagal yang terlalu reaktif dan karena itu jika saya mengalami rasa sakit dari apa pun, ‘hangnail’ atau jika jari saya tertusuk, saya bisa pingsan,” ujarnya diterjemahkan dari wrcbtv.com, 17 Desember 2020.

Respon vagal (disebut juga Episode Vasovagal) merupakan penurunan mendadak pada denyut jantung dan tekanan darah yang dapat menyebabkan pingsan. Gejala lain termasuk pucat, mual, atau berkeringat. Respon vagal dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti kecemasan, stres, ketegangan, lama berdiri, kepanasan, atau melihat darah.

The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menjelaskan di situs webnya bahwa tidak jarang orang pingsan setelah vaksinasi. Para ilmuwan menyimpulkan bahwa perawat tersebut pingsan bukan diakibatkan bahan yang terkandung dalam vaksin, melainkan akibat rasa sakit yang ditimbulkan oleh suntikan.

Dari penelusuran di atas, diketahui penyebab dari pingsannya perawat karena memiliki riwayat kondisi medis yang disebut ‘respon vagal’ yang reaktif. Pingsan saat proses vaksinasi merupakan hal yang biasa diakibatkan ketegangan, kecemasan atau rasa sakit. Sehingga status tersebut masuk kategori Konten yang Menyesatkan.

= = = = =

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here