[SALAH] Video “Rocketnya udah lewat teritorial langit Indonesia sama Malaysia”

5


BUKAN setelah melewati langit Indonesia atau Malaysia. Roket di video itu jatuh di Boca Chica, sebuah lokasi yang berdekatan dengan lokasi peluncuran SpaceX di Texas, Amerika Serikat pada 2 Februari 2021.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori : Konten yang Salah
===========================================

Iklan Layanan Masyarakat

Akun Facebook Arkha Ajhy (fb.com/arkha.ajhy.3) pada 9 Mei 2021 mengunggah sebuah video yang memperlihatkan roket yang jatuh dengan narasi sebagai berikut:

“Alhamdulillah Terima kasih Ya Allah Roket udah lewatin Indonesia Malaysia Semoga dimna pun jatuh nya.. di beri keselamatan dan selalu Allah Lindungi”

Di video itu, terdapat narasi: “Rocketnya udah lewat teritorial langit Indonesia sama Malaysia”

Sumber: perma.cc/8Q5F-AWN4 (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang diklaim sebagai roket yang jatuh setelah melewati langit Indonesia dan Malaysia merupakan konten yang salah.

Faktanya, bukan setelah melewati langit Indonesia atau Malaysia. Roket di video itu jatuh di Boca Chica, sebuah lokasi yang berdekatan dengan lokasi peluncuran SpaceX di Texas, Amerika Serikat pada 2 Februari 2021.

Video yang identik, diunggah di saluran YouTube bernama Infinite Space pada tanggal 4 Februari 2021. Unggahan itu berjudul: “SpaceX Starship SN9 Launch, Landing, Explosion & Viewer Reactions!”

Berdasarkan pencarian di Google dengan kata kunci “Starship SN9 meledak”, ditemukan artikel berjudul “Detik-detik Roket SpaceX Starship SN9 Meledak Saat Uji Coba” yang terbit di situs Tempo pada 3 Februari 2021.

Dilansir dari artikel tersebut, SpaceX Starship SN9 meledak dalam uji coba penerbangan di Boca Chica, Texas, AS, 2 Februari 2021. Prototipe kendaraan Starship SpaceX terbaru itu meledak saat gagal mengurangi lajunya untuk mendarat. Sebelum meledak dalam pendaratan, SN9 telah berhasil terbang setinggi 10 km dan melakukan sejumlah manuver. Kendaraan itu menghantam lokasi touchdown dengan keras sekitar 6,5 menit setelah lepas landas.

REFERENSI
https://www.youtube.com/watch?v=osIs2J6iGaU
https://foto.tempo.co/read/86400/detik-detik-roket-spacex-starship-sn9-meledak-saat-uji-coba

Source link

Previous article[SALAH] Penerbangan Space-X Cuma Editan, Buktinya, Masih Ada Manusia Duduk di Pinggiran Roket Saat Peluncuran Dimulai
Next article[SALAH] “Al Quran terjemahan baru Al Maidah 51”
Artikel diambil dari website resmi Turn Back Hoax (https://turnbackhoax.id), situs yang dikelola oleh MAFINDO, Masyarakat Anti Hoax Indonesia (https://www.mafindo.or.id). Sumber kontennya adalah hasil diskusi grup Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax (FAFHH) di Facebook.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here