[SALAH] Video “RUSIA BERSHOLAWAT” – TurnBackHoax

11

[SALAH] Video "RUSIA BERSHOLAWAT" - TurnBackHoax

Bukan di Rusia. Video itu adalah video ketika qariah terkenal Malaysia Sharifah Khasif Fadzilah Syed Mohd Baduzzaman Al Yahya menyanyikan lagu kasidah di Sarajevo, Bosnia dan Herzegovina.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Salah
============================================

Iklan Layanan Masyarakat

Akun Nunang Kadim (fb.com/nunang.kadim.50) mengunggah sebuah video dengan narasi:

“RUSIA BERSHOLAWAT”

Yang terlihat dalam video tersebut adalah seorang wanita tengah melantunkan sholawat badar yang juga diikuti oleh para penonton.

[SALAH] Video "RUSIA BERSHOLAWAT" - TurnBackHoax

Sumber : https://archive.md/BxV2f (Arsip)

============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya video Rusia bershalawat adalah klaim yang salah.

Faktanya, video itu bukan di Rusia. Video itu adalah video ketika qariah terkenal Malaysia Sharifah Khasif Fadzilah Syed Mohd Baduzzaman Al Yahya menyanyikan lagu kasidah di Sarajevo, Bosnia dan Herzegovina.

Klaim ini sebelumnya pernah diperiksa faktanya pada November 2019 di artikel berjudul “[SALAH] “Di Rusia Juga Ada Yang Bersholawat” yang dimuat di turnbackhoax.id pada 14 November 2019.

Dikutip dari turnbackhoax.id, setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, belakangan diketahui bahwa video tersebut terjadi bukan di Rusia melainkan di Bosnia Herzegovina. Hal tersebut terungkap melalui tayangan video di situs web berbagi video Youtube. Video yang diunggah melalui Youtube dan diberi judul “Kehebatan Shafirah Khasif” diunggah pada 26 Maret 2018.

Dilansir dari AFP, keterangan video itu diterjemahkan ke bahasa Indonesia sebagai berikut : “KUALA LUMPUR 26 Maret – Video qariah terkenal nasional Sharifah Khasif Fadzilah Syed Mohd Baduzzaman Al Yahya menyanyikan lagu kasidah di Sarajevo, Bosnia Herzegovina di akhir tahun lalu mulai menjadi viral hari ini.

“Video berdurasi 6 menit 25 detik itu menunjukkan Sharifah Khasif melantunkan Selawat Rasulullah di hadapan lebih dari 10.000 orang dan diiringi dua penari Sufi dari Turki serta sekelompok penyanyi latar dan musisi pengiring.”

Adegan di video di unggahan menyesatkan bisa dilihat dari menit ke-2:22 di video asli.

Sharifah juga mengunggah video yang sama di laman Facebooknya pada tanggal 24 Maret 2018.

Diterjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, status unggahan itu berbunyi: “Saya merasa terhormat untuk mewakili negara saya, Malaysia di malam Alquran dan Kasidah Internasional yang mulia di Bosnia & Herzegovina dengan lebih dari 10.000 penggemar dari seluruh dunia, setelah 30 tahun berlumuran darah, keringat dan air mata …. Saya bersyukur atas semua keistimewaan menjadi Qariah Internasional membawa jalan saya, kesempatan untuk melihat dunia, persahabatan, pertemanan dan masih banyak lagi …. Pasti kenangan terbaik yang akan saya hargai dan tidak pernah lupa .. Terima kasih telah menerima saya..”.

[SALAH] Video "RUSIA BERSHOLAWAT" - TurnBackHoax
[SALAH] Video "RUSIA BERSHOLAWAT" - TurnBackHoax
[SALAH] Video "RUSIA BERSHOLAWAT" - TurnBackHoax

REFERENSI
https://turnbackhoax.id/2019/11/14/salah-di-rusia-juga-ada-yang-bersholawat/
https://periksafakta.afp.com/video-ini-menunjukkan-selawat-yang-dilantunkan-di-bosnia-dan-herzegovina
https://www.youtube.com/watch?v=X7lKWPaguu4
https://www.facebook.com/watch/?v=10155140067742553


Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here