[SALAH] Wanita di Inggris Tewas Tertusuk Urin Beku

14

[SALAH] Wanita di Inggris Tewas Tertusuk Urin Beku

Hasil Periksa Fakta Rizqi Abdul Azis (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia). Foto tersebut sebenarnya adalah cuplikan dari acara parodi di televisi bernama ‘THE DAY TODAY’ yang tayang di Inggris pada tahun 1994.

= = = = =

Iklan Layanan Masyarakat

KATEGORI: KONTEN YANG SALAH

= = = = =

SUMBER: FACEBOOK

[SALAH] Wanita di Inggris Tewas Tertusuk Urin Beku

https://archive.vn/SFiHR

= = = = =

NARASI:

“Kencing siapa ini. Bisa sampe membunuh orang.
Mati konyol”

“WANITA MALANG INI DITEMUKAN TEWAS DI TAMAN DI YORKSHIRE, INGGRIS. DIA DIYAKINI TELAH TERTUSUK URIN BEKU YANG JATUH DARI KEBOCORAN DI FASILITAS TOILET PESAWAT DAN KEMUDIAN TERKENA TEPAT DI ATAS DIRINYA”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Facebook bernama Tsukasa Naj mengunggah status pada tanggal 12/9/2020 berupa gambar seorang wanita yang terbaring di rumput dengan benda kuning terlihat menusuk tubuhnya. Dari narasi gambar disebutkan peristiwa tersebut ada di Inggris dan benda berwarna kuning tersebut diklaim sebagai urin yang membeku karena jatuh dari pesawat.

Dari hasil penelusuran melalui laman snopes.com, diketahui foto tersebut merupakan tangkapan layar dari sebuah program televisi ‘parodi berita’ bernama “THE DAY TODAY” yang tayang pada stasiun televisi BBC2 tahun 1994 di Inggris. Foto tersebut muncul sesaat sebelum segmen ‘chopper of doom’ yang menjadi judul dari episode perdana acara tersebut.

Situs hoaxes.org juga mengatakan jika foto tersebut memang sudah lama beredar di internet dan menjadi sebuah hoaks. Dari hasil penelusuran tidak ditemukan pemberitaan mengenai kasus kematian wanita tertusuk urin yang membeku di Inggris, sehingga status tersebut masuk kategori Konten yang Salah.


Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here