[SALAH] “Yang ada DI Antara Ir Soekarno Dan Jendral Soedirman Adalah Abdurrahman Baswedan Kakek dari Anies Baswedan”

22

Bukan kakek dari Anies Baswedan. Pria itu adalah Mohammad Yunus Khan, salah satu anggota Indian Foreign Service yang juga duta besar India. Saat itu mereka bertiga meninjau Magelang pada tanggal 27 Agustus 1948.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Salah
============================================

Akun Andri Wijaya (fb.com/100049650878732) mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan Presiden Soekarno dan dua orang lainnya dengan narasi sebagai berikut:

“Yang Berada DI Antara Ir Soekarno Dan Jendral Soedirman Adalah Almarhum Abdurrahman Baswedan Kakek dari Pak Anies Baswedan
Lahir Di Surabaya Pada 9 September 1908 Dan Meninggal Di Jakarta Pada 16 Maret 1986…
Putra Dari Awad Umar Baswedan Dan Khadjijah Badid, Merupakan Anggota Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI)
# PANTES CUCUNYA HEBAT TERNYATA DARI KELUARGA ORANG HEBAT JUGA #
NOTE : Serius Mau Tanya Nih…? Ada Yang Tau Ketika Itu Kakek Nya JOKOWI… AHOK…LBP Ada Dimana ?”

Sumber : https://archive.md/clkEI (Arsip)

============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim seorang pria yang berdiri di antara Presiden Soekarno bersama Panglima Besar Soedirman adalah kakek dari Anies Baswedan, Abdurrahman Baswedan adalah klaim yang salah.

Faktanya, pria itu bukanlah kakek Anies Baswedan. Pria itu adalah Mohammad Yunus Khan, salah satu anggota Indian Foreign Service yang juga duta besar India. Saat itu mereka bertiga meninjau Magelang pada tanggal 27 Agustus 1948.

Wajah pria di foto itu sangat identik dengan Mohammad Yunus Khan, yang memang beberapa kali berkunjung ke Indonesia. Misalnya, berkunjung ke Jombang, Jawa Timur pada 1947. Juga saat kunjungan bersama Presiden Soekrano ke Wonosobo, Jawa Tengah pada 3 Maret 1948.

Sebelumnya, pria tersebut juga diklaim sebagai ayah dari Habib Rizieq Shihab, namun klaim ini sudah diperiksa faktanya di artikel berjudul [SALAH] “laki-laki di tengah Soekarno dan Jend Soerdirman itu adalah ayahandanya Habieb Risziq Shihab”

Sementara itu, H. Abdurrahman Baswedan atau populer dengan nama A.R. Baswedan adalah seorang pahlawan nasional. Semasa hidupnya, dia dikenal sebagai seorang nasionalis, jurnalis, pejuang kemerdekaan Indonesia, diplomat, muballigh, dan juga sastrawan Indonesia.

A.R. Baswedan pernah menjadi anggota Badan Penyelidik Usaha dan Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), Wakil Menteri Muda Penerangan RI pada Kabinet Sjahrir, Anggota Badan Pekerja Komite Nasional Indonesia Pusat (BP-KNIP), Anggota Parlemen, dan Anggota Dewan Konstituante. A.R. Baswedan adalah salah satu diplomat pertama Indonesia dan berhasil mendapatkan pengakuan de jure dan de facto pertama bagi eksistensi Republik Indonesia dari Mesir.

REFERENSI
https://turnbackhoax.id/2020/08/04/salah-laki-laki-di-tengah-soekarno-dan-jend-soerdirman-itu-adalah-ayahandanya-habieb-risziq-shihab/
https://id.wikipedia.org/wiki/Abdurrahman_Baswedan
https://www.merdeka.com/peristiwa/kegigihan-dan-kesederhanaan-wamen-ar-baswesdan.html
https://www.republika.co.id/berita/kolom/wacana/18/11/08/phujmu385-ar-baswedan-dan-kasman-singodimedjo-menjadi-pahlwan-nasional


Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here