Tim Dosen FIK, Desain Komunikasi Visual Turun Melakukan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Membantu Perancangan Kemasan untuk UMKM
Pengabdian masyarakat, merupakan bentuk dari Tridharma perguruan tinggi yang harus di laksanakan oleh setiap insan perguruan tinggi, yang bernama dosen.
Jadi dosen tidak hanya bertugas sebagai pendidik, yang hanya mengajar, tapi juga harus melakukan tugas lainnya, meneliti, dan juga turun ke masyarakat mengaplikasikan ke ilmuannya secara langsung.
Pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh tim dosen Desain Komunikasi Visual Universitas Telkom, yang menyasar komunitas Saudagar Soemah di Kabupaten Bandung, pada tanggal 26 November 2022 kemarin.
Dari pengabdian masyarakat ini, telah memberi gambaran betapa berarti ilmu desain komunikasi visual, untuk bisa di terapkan pada masyarakat secara adabtif, yang akan memberi dampak baik, dalam membangun kepercayaan konsumen, maupun publik, kepada sebuah produk, sehingga produk ini bisa di anggap layak, dan mampu bersaing secara visual di pasaran, dengan membangun tampilan fisik desain untuk di terapkan di kemasannya.
Adapun tim dan tugas Pengabdian Kepada Masyarakat Desain Komunikasi Visual Universitas Telkom, yang
terdiri dari ketua pelaksana Arry Mustikawan, dan beranggotakan Sri Soedewi serta Fariha Eridani ini, juga melibatkan
beberapa mahasiswa dalam pengabdian masyarakat itu.
Pengabdian masyarakat, ditekankan pada membantu UMKM tersebut, di perancangan Visual Desain
Kemasan, pada Produk Cake and Cookies UMKM Komunitas Saudagar Soemah di Kabupaten
Bandung.
Adapun produk Cake and Cookies merupakan produk dari UMKM Komunitas Saudagar Soemah
yang ada di Kabupaten Bandung. UMKM ini adalah mitra program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang produknya, masih
belum memiliki desain kemasan yang sesuai dengan strategi desain kemasan.
Adapun Kemasan produk
yang di rancang produk cake and cookies yang mempunyai nama Kusmi dan Ring Wijen.
Kemasan
menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli
produk. Selain sebagai tempat untuk melindungi dan mengemas produk, kemasan juga dapat
meningkatkan nilai jual produk serta menarik perhatian konsumen.
Dalam pengabdian masyarakat ini, tim dosen Te-U, dari FIK ini, melakukan tahapan Kegiatan perancangan, dengan diawali
oleh observasi lapangan, wawancara, dan menyusun client dan creative brief untuk membuat sketsa desain kemasan.
Setelah dibuat sketsa desain kemudian dikembangkan sampai menjadi desain
akhir ke dalam bentuk digital, kemudian dibuat dummy visual label kemasan UMKM cookies and
cake Kusmi dan Ring Wijen ini.
Kegiatan diakhiri dengan penyerahan karya berupa mockup desain
kemasan Pie kepada mitra sasar UMKM Kusmi dan Ring Wijen agar dapat digunakan untuk
meningkatkan nilai jual produk, dan sebagai salah satu daya tarik konsumen.
Pewarta Bambang Melga suprayogi M.Sn