The news is by your side.

Munas-Konbes NU 2023 Bahas Persoalan untuk Kepentingan Bangsa dan Negara

Munas-Konbes NU 2023 Bahas Persoalan untuk Kepentingan Bangsa dan Negara | NU Online LTN Nahdlatul Ulama Jawa BaratJakarta, NU Online – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) Nahdlatul Ulama di Pondok Pesantren Al-Hamid, Jakarta, pada September 2023 mendatang. Kegiatan ini mengangkat tema Mendampingi Umat, Memenangi Masa Depan.

Agenda ini sangat penting karena berbagai persoalan yang bakal dibahas digali dari situasi dan kondisi yang relevan dan kekinian. Karenanya, hasil pembahasan ini diarahkan tidak saja pada aspek keputusan hukumnya, tetapi juga pada solusi yang menjadi masukan penting untuk masyarakat dan negara.

“Keputusan-keputusan yang diambil itu berpikir tentang apa yang terjadi di masyarakat, apa yang harus dilakukan pemerintah, masukan-masukan apa, tidak hanya sekadar keputusannya A, lalu terserah dampaknya apa. Tidak seperti itu,” kata Ketua Steering Committee Munas dan Konbes NU 2023 KH Abdul Ghofur Maimoen pada Senin (28/8/2023).

Kiai Ghofur menyampaikan bahwa Munas dan Konbes NU 2023 itu menegaskan keberadaannya di tengah masyarakat, tidak berdiri di atas menara gading.

“Yang ingin kita suarakan itu bahwa Nahdlatul Ulama tidak berada di menara gading, tidak hidup menyendiri, hidup bersama masyarakat, bersama negara,” kata Rais Syuriyah PBNU itu.

Lebih lanjut, Kiai Ghofur juga menyampaikan bahwa pembahasan terhadap berbagai problem masyarakat dan negara ini dilakukan guna menemukan masukan bagi kepentingan yang paling maslahat bagi umum. Sebab, pengumpulan masalah ini dipilih dengan melihat studi kasus di tengah masyarakat.

“Kami akan memberikan masukan untuk kepentingan-kepentingan negara secara umum, mana yang maslahat. Berharapnya ya ini harus dijalankan,” terang Pengasuh Pondok Pesantren Al-Anwar 3, Sarang, Rembang, Jawa Tengah itu.

Oleh karena itu, Kiai Ghofur menegaskan bahwa keputusan yang diambil NU selalu memilih keputusan yang paling baik untuk masyarakat. “Kita setiap kali keputusan-keputusan itu selalu apa yang paling baik untuk masyarakat,” ujarnya,

Adapun materi pembahasan Munas Alim Ulama NU 2023 ini antara lain adalah kecerdasan buatan (AI), dam haji, konsep al-i’anah ‘ala al-ma’shiyah (membantu kemaksiatan), hubungan ulama dengan umara (pemerintah), RUU Perampasan Aset, sekolah lima hari, dan aturan turunan RUU Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren.


Editor: Muhammad Faizin

Pewarta: Muhammad Syakir NF

Source NU Online
Leave A Reply

Your email address will not be published.