Gempa Lombok, PWNU Bali Langsung Gelar Aksi Galang Dana

16
Gempa Lombok, PWNU Bali Langsung Gelar Aksi Galang Dana

Denpasar, NU Online
Pasca terjadi Gempa Lombok pertama pada tanggal 29 Juli, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Bali langsung membentuk Satgas Peduli Lombok untuk menggorganisir bantuan. 

Dalam waktu singkat, satgas yang terdiri dari Lembaga dan Banom NU Bali dan didukung oleh Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) terkumpul dana sebesar Rp140 juta.  

Setelah berkomunikasi dengan tim relawan PCNU Lombok Timur terkait perlengkapan apa saja yang dibutuhkan, dana yang telah terkumpul tersebut dibelikan berbagai macam kebutuhan, di ataranya 400 Selimut, 400 Kasur Lipat, berbagai macam makanan sehat, dan aneka kebutuhan ibu dan anak. 

Iklan Layanan Masyarakat

Dan pada tanggal 3 Agustus kemarin, bantuan tersebut dikirim dengan 2 Truk, 1 Pickup dan Ambulan Banser Satkorcab Badung.

Ketua Satgas yang juga Ketua NU Care-LAZISNU Bali H Ekky Rezal terus berkomunikasi dengan Ketua PC NU Lombok Timur terkait tujuan penyaluran bantuan. Karena menurutnya, bantuan yang ingin disasar prioritas mereka yang terisolir.

“Saya terus berkomunikasi, daerah mana saja yang belum tersentuh bantuan, jangan samapai saudara kita yang jauh disana gak tersentuh” cerita H. Ekky

Dengan arahan PC NU Lombok Timur, bantuan yang dikawal Tim LPBI, Banser Bali dan IPNU ini menyasar di dua Kecamatan, Kecamatan Sambelia dan Kecamatan Sembalun. “Dan memang, di daerah tersebut sangat membutuhkan bantuan perlengkapan tidur dan obat obatan,” jelas H Ekky.
Dua hari berada di pengungsian, relawan NU Bali yang terdiri 32 orang ini, pada tanggal 5 Agustus atau Ahad sore meninggalkan lokasi pengungsi untuk kembali ke Bali.

“Belum sampai pelabuhan, ternyata terjadi Gempa lagi, akhirnya kami menunda kepulangan dan membantu mengevakuasi masyarakat setempat” terang H Ekky.

Sebenarnya, lanjut H Ekky, tim relawan tidak ingin meninggalkan Lombok dalam situasi yang lebih parah dari Gempa pertama. Namun, ia dan Satgas Peduli Lombok bertekad akan mengorganisir bantuan ke Lombok lagi.

“Saat kami meninggalkan Lombok pada tanggal 6, kami melihat langsung di mana pengungsi sangat membutuhkan Selimut dan perlengkapan tidur, karena mereka tidak berani tidur di dalam bangunan,” tegas H Ekky.  
Bagi masyarakat yang peduli Gempa Lombok dan Bali, bisa melalui Bank Syariah Mandiri nomor rekening 7188999993 an LPBI NU Bali. (Abraham Iboy/Muiz)

Sumber : NU Online

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here