The news is by your side.

Ketua LTN PBNU : LTN NU Dibutuhkan Semua Bidang

Ketua LTN PBNU : LTN NU Dibutuhkan Semua Bidang | NU Online LTN Nahdlatul Ulama Jawa BaratMuhammad Salim – Ketua Lembaga Ta’lif wan Nasyr Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LTN PBNU) KH Ishaq Zubaedi Raqib sampaikan peran LTN PBNU dibutuhkan di semua bidang.

Pernyataannya tersebut disampaikan saat memberi sambutan pada kegiatan Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) II LTN NU Jawa Barat dengan tema “Meneguhkan komitmen Khidmat Keumatan dengan Literasi Dakwah Digital Abad ke-2 NU”.

Kegiatan Rakorwil II tersebut juga diisi dengan Focus Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan di aula STAI Darul Falah Jln. Raya Cihampelas Kabupaten Bandung Barat. Sabtu (8/7/2023).

Kyai Ishak, sapaan akrabnya, mengawali sambutannya dengan dengan mengupas sejarah pembentukan LTN NU. “Awalnya, LTN NU bersifat “Lajnah” atau lembaga ad hock yang dibentuk jika sedang dibutuhkan, sehingga jika kebutuhan tersebut telah selesai, maka akan dibubarkan kembali.” ujarnya.

Namun, pada Muktamar NU ke 33, tiga lajnah yang awalnya bersifat ad hock, berubah status menjadi lembaga resmi sejajar dengan 15 lembaga lainnya di NU. Adapun lembaga tersebut yaitu LTN, Lembaga Falakiyah (LF), dan Lembaga Bahtsul Masail (LBM) sebagaimana tertuang dalam Anggaran Rumah Tangga pasal 17 ayat 6.

Selain itu, LTN NU secara hirarki organisasi tidak ada dalam satu garis komando karena LTN dibentuk oleh Pengurus NU di tiap tingkatan, sehingga pengurus LTN PBNU tidak punya kewenangan garis instruksi, namun ada dalam garis koordinasi.

Walau demikian, Ketua LTN PBNU Sampaikan bahwa LTN merupakan satu-satunya lembaga yang dibutuhkan oleh semua lembaga lain, termasuk NU, karena semua lembaga butuh fungsi publikasi yang ada di LTN.

“LTN merupakan satu-satunya lembaga yang di bisa masuk ke semua lembaga, karena tidak ada lembaga yang tidak membutuhkan fungsi publikasi.” tegas Gus Ishaq.

Ia pun menyampaikan bahwa kehadirannya saat itu merupakan undangan pertama rapat LTN tingkat wilayah sejak dirinya menjabat menjadi ketua LTN PBNU.

Hadir dalam kesempatan tersebut ketua Tanfidziah PWNU Jawa Barat KH Juhadi Muhammad, Ketua LTN PBNU KH Ishaq Zubaedi Raqib, Pemimpin Redaksi NU Online Ivan Aulia Ahsan, Sesepuh Pondok Pesantren Darul Falah KH Yusuf Abdul Qadir, Ketua LTN PWNU Jabar Zainuddin, Ketua dan perwakilan LTN NU se-Jawa Barat, IPNU-IPPNU Kabupaten Bandung Barat, dan ratusan tamu lainnya.

Pewarta: Muhammad Salim

Leave A Reply

Your email address will not be published.