The news is by your side.

KKN Desa Cisarua Gali Potensi dari Sampah Menjadi Rupiah

KKN Desa Cisarua Gali Potensi dari Sampah Menjadi Rupiah | NU Online LTN Nahdlatul Ulama Jawa BaratKelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Participatory Action Research (PAR) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama (STITNU) Al Farabi Pangandaran bersama Bank Sampah Induk (BSI) dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kesehatan (DLHK) Kab. Pangandaran gelar penyuluhan peduli lingkungan dengan tema “Cisarua Bersih dan Sehat” Di Aula Desa Cisarua Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran pada Kamis, 23/02/23.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Desa Cisarua beserta staf dan jajaran, Kepala Dusun, RW/RT, BPD, LPM, Patriot Desa, PKK dan Bidan Desa Cisarua.

Kuliah Kerja Nyata Participatory Action Research adalah ruang bagi mahasiswa untuk mengimplementasikan tri darma perguruan tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian yang nantinya diharapkan mahasiswa mampu membawa perubahan ke arah yang lebih baik.


Follow Channel LTNNU Jabar di Whatsapp untuk mendapatkan update artikel terbaru. Klik Link ini >> Channel LTNNU Jabar


 

Koordinator KKN-PAR STITNU Desa U’ang Burhanudin menyampaikan “bahwa di selenggarakannya kegiatan ini adalah berangkat dari permasalahan yang ada dan juga sebagai bentuk perhatian kepada warga masyarakat desa Cisarua untuk lebih peduli terhadap lingkungan, output dari kegiatan ini akan di bentuk Bank sampah Unit (BSU) yang nantinya akan menjadi peluang lapangan pekerjaan bagi masyarakat”.

Umi Laelatussofiah, S.T Analis Lingkungan Hidup Dari DLHK sebagai narasumber menyampaikan “kesadaran akan kepedulian lingkungan harus dimulai dari diri sendiri home by home, karena kalau misalkan tidak diawali dari rumah akan sangat sulit menyadarkan warga agar peduli terhadap sampah. Beliau juga mengajak masyarakat agar sama sama mau bekerjasama untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih. Ketua Bank Sampah Induk Rian Hidayat juga sebagai narasumber menambahkan mengenai mekanisme pendaftaran BSU Bank Sampah Unit serta cara memilih dan memanfaatkan barang bekas agar menjadi barang yang bermanfaat. Sebagai ketua BSI saya mendukung dan mendorong penuh kepada desa untuk membentuk BSU di desa cisarua, selebihnya saya mengapresiasi kepada temen temen KKN STITNU yang telah menyelenggarakan kegiatan Peduli lingkungan ini,” Tuturnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.