Masyarakat Diajak Teladani Akhlak Para Kiai

19

Masyarakat Diajak Teladani Akhlak Para KiaiBogor, NU Online
Dalam beberapa tahun terakhir, standar moral masyarakat mengalami penurunan signifikan. Apalagi saat media sosial semakin booming dalam dua tahun belakangan, masyarakat semakin tercabut dari akar sosial dan nilai-nilai adiluhung yang diwariskan oleh para leluhur bangsa.

Demikian diutarakan oleh Pengasuh Pesantren Hidayatul Muqorrobin, Desa Mekarsari, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor, KH Cecep Hamzah kepada NU Online, Rabu (13/12).

“Masyarakat perlu meneladani akhlak luhur para kiai. Para kiai mencontohkan sikap yang lembut, santun, dan bijaksana dalam bersikap. Kiai biasanya hidup sederhana dan memiki kepribadian yang kuat berkat bimbingan para wali dan kekasih Allah,” ujar Cecep Hamzah.

Iklan Layanan Masyarakat

Mantan a’wan Syuriah PWNU Provinsi Sumatera Selatan ini mengungkapkan, bila masyarakat dapat meneladani para kiai, ia yakin suhu panas yang menyelimuti jagat politik Indonesia dalam dua tahun terakhir dapat didinginkan dan distabilkan.

“Ujaran-ujaran kebencian yang banyak bertebaran di medis sosial, harus dihentikan, karena bukan sebagai budaya bangsa ini,” ujar tokoh Himpunan Alumni Santri Lirboyo (HIMASAL) wilayah Bogor – Depok.
Sebagai upaya mendorong transformasi masyarakat, melalui wadah Lajnah Bahsul Masail (LBM) PCNU Kabupaten Bogor, Kiai Cecep akan berupaya menularkan dan menyalurkan nilai-nilai positif serta keteladanan yang ditunjukkan para kiai.

“Kami di LBM NU Kabupaten Bogor maupun HIMASAL wilayah Bogor – Depok akan berupaya mengedukasi warga Nahdliyin Bogor dan masyarakat umum, agar belajar dari perjalanan hidup para kiai, sebagai contoh dalam kehidupan berbangsa bernegara,” demikian KH Cecep Hamzah.

(Ahmad Fahir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here