Maulid itu Memperingati Kesesatan ?
Menyampaikan sesuatu, khususnya mengenai Islam memerlukan kehati-hatian. Adakalanya kita sangat paham akan satu hal namun harus hati-hati dalam menyampaikannya agar tidak terjadi kekeliruan saat diterima orang lain. Apalagi jika kita tidak paham satu hal, harus lebih hati-hati lagi dalam penyampaian atau diam, serahkan ahlinya. Semoga kita semua terhindar dari ketidakhati-hatian tersebut.
Berikut ini hasil wawancara singkat via Whatsapp rekan Sandi Nurfadilah (Bendahara PAC GP ANSOR Kecamatan Babakan Ciparay) dengan Dai Nanang Qosim juara Dai nasional mengenai sebuah video yang viral hari ini tentang ceramah seorang Ustadz yang menyinggung perayaan maulid, surat adh-dhuha dan kelahiran Nabi. Link video lihat di sini.
Bagaimana menyikapi video salah satu ustad muda yg menyatakan bahwa setiap orang sesat dan Nabi Saw pun sesat waktu bayinya ?
“Jika Peringatan Maulid Nabi berarti memperingati kesesatan Nabi, lho kenapa menerima undangan pengajian Maulid Nabi ? kenapa datang ke acara Maulid Nabi ?” Ujar Dai muda itu
“Ketika berbicara tersesat atau sesat berarti kan ada sesuatu yg dia lakukan sebelumnya. Da sesat mah kata sifat yg merupakan efek dari bentuk pekerjaan. Sedangkan di rahim ibu kita, kita semua sudah di ikrar Alloh SWT. di perut sudah mukmin. Masa pas keluar jadi tersesat” lanjut Dai muda yg sekarang menjadi Dewan Penasehat GP ANSOR Kota Bandung itu
Mengenai tafsir surat Adh-Dhuha nya Kang ?
بسم الله الرحمن الرحيم. “ووجدك ضآ فهدى “
Makna ضآلا dalam ayat tersebut diikhtilafkan ma’na nya oleh para Ulama Ahli Tafsir. Dan semua ma’na nya bersifat positif, sama sekali tidak ada yang menurunkan keagungan Baginda Nabi صلى الله عليه وسلم diantara makna nya :
- فقدان الشرائع والخلو عن الأحكام التي لا يهتدي اليها العقول بل طريقها السماع اه تفسير روح البيان
- وقال الترمذي وعيد العزيز بن يحيى (ضلال) معناه خامل الذكر لا يعرفك الناس فهداهم اليه ربك اه تفسير المحرر الوجيز
Baginda Nabi صلى الله عليه وسلم semenjak dari kecil pun sangat jauh dari kesesatan.
فإنه عليه السلام كان موفقا للنظر الصحيح حينئذ ولهذا لم يعبد صنما قط ولم يأتي بفاحشة !!!!!!!!!!
Jika ضآلا dalam ayat tersebut dimaknai sesat yang bermakna negatif, maka
Dalam ayat tersebut terjadi ISNAD MAJAZ ‘AQLY karena hakikat Isnad ضآلا bukan kepada dlomir mukhothob Baginda Nabi صلى الله عليه وسلم sehingga dalam kalamnya terjadi DILALAH IQTHIDHO (دلالة اقتضاء) maka kalamnya menjadi Kalam Muqtadhi Yang definisinya sebagaimana diterangkan dalam kitab Jam’ul Jawaami’ juz 1 Hal 424 :
" ما لا يستقيم من الكلام إلا بتقدير أحد أمور "
Kalam yang tidak akan benar maknanya kecuali dengan menaqdirkan salah satu perkara.
Jadi dalam ayat tersebut terjadi IJAAZ BILHAHDZFI/ إيجاز بالحذف menurut ilmu ma’ani atau MAJAZ BILHADZFI/ مجاز بالحذف menurut Ilmu Bayan, Yang taqdir Asal kalamnya ialah :
“ووجدك بين ضالين فهداهم بك “
كما قال في تفسير روح البيان : وفي الأسئلة المقحمة معناه ووجدك بين ضالين فهداهم بك، فعلى هذا يكون الضلال صفة قومه يقال رجل ضعيف اذا ضعف قومه اه تفسير روح البيان جزء 1 صحيفة 534
قال : ووجدك بين ضالين فاستنقذك من ضلالتهم اه تفسير الدر المنثور
اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم والحمد لله رب العالمين
والله أعلم
Oleh Sandi Nurfadilah (Bendahara pac GP ANSOR Kecamatan Babakan Ciparay)