The news is by your side.

Nahdliyin Siap Sukseskan Resepsi 1 Abad NU pada 7 Februari

Jakarta, NU Online – Puncak peringatan 1 Abad NU akan digelar pada 7 Februari 2023 di Stadiun Gelora Delta Sidoarjo Jawa Timur. Tak kurang dari 1 juta jamaah diperkirakan akan hadir pada resepsi yang digelar 24 jam nonstop mulai pukul 00.00 WIB.

Antusias warga NU dari berbagai penjuru Indonesia untuk hadir pada momentum bersejarah ini sudah sangat terasa. Hal ini bisa terlihat dari unggahan-unggahan warganet di berbagai platform media sosial. Mereka memproduksi dan menviralkan berbagai video, poster, twibbon untuk menyukseskan acara tersebut.

Bukan hanya di dunia maya, antusiasme juga terasa di tengah-tengah masyarakat dengan mulai melakukan koordinasi dan mobilisasi jamaah untuk hadir langsung di Stadiun Gelora Delta Sidoarjo.

Seperti warga NU di Pringsewu, Lampung yang sudah menyiapkan kehadiran jamaah sejak awal Januari 2023. Mereka melakukan mobilisasi dan telah mempersiapkan armada bus untuk pemberangkatan.

“Walaupun belum ada petunjuk teknis apa yang harus dilakukan di tingkat kepengurusan cabang sampai ranting, namun antusias warga tak terbendung untuk hadir,” kata Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pringsewu H Taufik Qurohim, Senin (16/1/2023).

Kiai Taufik mengatakan bahwa bukan hanya bapak-bapak warga NU, ibu-ibu Muslimat juga sudah siap berangkat ke resepsi 1 Abad Harlah NU di Sidoarjo.

“Agenda perjalanan ke Sidoarjo akan dipadukan dengan ziarah ke makam-makam wali di tanah Jawa,. Jadi sekali dayung dua-tiga pulau terlampaui” ungkapnya.

Terkait hal ini, PCNU Pringsewu mengingatkan kepada jamaah yang akan berangkat untuk dapat mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Berbagai bekal termasuk kesehatan diri harus diprioritaskan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kita sampaikan, sesuai dengan arahan panitia agar saat acara nanti di Sidoarjo, jamaah menyiapkan peralatan seperti, payung, tikar, alat shalat, masker, baju putih, makanan, minuman, dan juga tas kresek,” ujarnya.

Ia berharap, jamaah dalam keadaan baik dan acara resepsi 1 Abad NU ini bisa berjalan dengan lancar dan membawa keberkahan bagi yang hadir dan juga seluruh bangsa Indonesia.

Berdasarkan informasi dari panitia melalui sebuah video, Resepsi 1 Abad ini akan diisi berbagai acara di antaranya dimulai dengan Manaqib Syekh Abdul Qadir Jaelani, Ratib Al Athas, Asmaul Husna, bersama Syekh Muhammad Al Fadhil Al Jaelani dan sejumlah kiai khos NU.

Kemudian akan diselenggarakan juga Ijazah Kubro oleh Habib Muhammad Luthfi bin Yahya Rais Jamiyyah Thariqah al Mutabarah An-Nahdliyyah (JATMAN) dari Pekalongan.

Acara juga akan diwarnai oleh Gebyar Shalawat 1 Abad NU bersama Habib Syekh dari Solo, Orkestra pimpinan Adi MS, dan koreografi kolosal serta karnaval Nusantara sejauh 2 km. Acara ini juga akan memecahkan rekor dunia MURI Happening Art Sticky Note. Acara juga akan dihadiri Presiden Joko Widodo dan 300 ulama dari berbagai penjuru dunia.

Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Kendi Setiawan

Source NU Online
Leave A Reply

Your email address will not be published.