The news is by your side.

Panglima Islam Terhebat Sepanjang Masa

Panglima Islam Terhebat Sepanjang Masa | NU Online LTN Nahdlatul Ulama Jawa Barat

Moehammad Nurjani – Khalid bin Walid adalah seorang panglima Muslim Arab yang melayani Nabi Islam Muhammad, Khalifah Rasyidin Abu Bakar dan Umar bin Khattab. Ia dikenal sebagai salah satu panglima perang paling sukses dalam sejarah, dengan kemenangan lebih dari 100 pertempuran. Ia dijuluki oleh Rasulullah sebagai “Pedang Allah yang terhunus”.

Khalid bin Walid lahir di Mekkah pada tahun 592 M. Ia berasal dari keluarga bangsawan Quraisy dan merupakan salah satu panglima perang terbaik di zamannya. Ia memiliki keahlian dalam strategi perang, taktik militer, dan kepemimpinan.
Khalid bin Walid masuk Islam pada tahun 629 M, sebelum pertempuran Mu’tah. Ia segera menunjukkan keahliannya dalam bidang kemiliteran dan memimpin pasukan Muslim dalam berbagai pertempuran.

Selama masa kepemimpinan Rasulullah, Khalid bin Walid memimpin pasukan Muslim dalam berbagai pertempuran, termasuk pertempuran Mu’tah, dan Fathu Makkah. Ia juga memimpin pasukan Muslim dalam penaklukan Nejd dan Yamamah.

Setelah Rasulullah wafat, Khalid bin Walid tetap menjadi panglima perang Muslim. Ia memimpin pasukan Muslim dalam penaklukan Irak, Suriah, dan Palestina. Ia juga memimpin pasukan Muslim dalam Perang Yarmuk, yang merupakan salah satu pertempuran paling penting dalam sejarah Islam.

Khalid bin Walid diberhentikan dari jabatannya sebagai panglima perang oleh Khalifah Umar bin Khattab pada tahun 636 M. Hal ini karena Umar bin Khattab khawatir bahwa popularitas Khalid bin Walid akan mengancam posisinya sebagai khalifah.

Setelah diberhentikan, Khalid bin Walid tetap menjadi salah satu penasihat Khalifah Umar bin Khattab. Ia juga memimpin pasukan Muslim dalam beberapa pertempuran, termasuk pertempuran Perang Yarmuk. Khalid bin Walid wafat pada tahun 642 M di Homs, Suriah. Ia dimakamkan di Masjid Khalid bin Walid, yang terletak di Homs.

Beberapa keberhasilan Khalid bin Walid yang paling terkenal antara lain:

  • Pertempuran Mu’tah (629 M): Khalid bin Walid memimpin pasukan Muslim dalam pertempuran ini melawan pasukan Bizantium dan Arab sekutunya. Pertempuran ini berakhir dengan kemenangan Muslim, meskipun Khalid bin Walid harus mundur dengan pasukannya.
  • Pertempuran Khandaq (627 M): Khalid bin Walid memainkan peran penting dalam pertempuran ini, yang merupakan salah satu pertempuran paling penting dalam sejarah Islam. Pertempuran ini berakhir dengan kemenangan Muslim, yang berhasil mempertahankan Madinah dari serangan pasukan Quraisy.
  • Pertempuran Khaibar (628 M): Khalid bin Walid memimpin pasukan Muslim dalam pertempuran ini melawan pasukan Yahudi Khaibar. Pertempuran ini berakhir dengan kemenangan Muslim, yang berhasil menaklukkan benteng Khaibar.
  • Perang Yarmuk (636 M): Khalid bin Walid memimpin pasukan Muslim dalam pertempuran ini melawan pasukan Bizantium. Pertempuran ini berakhir dengan kemenangan Muslim, yang berhasil membuka jalan bagi penaklukan wilayah Suriah dan Palestina.

Kemampuan Khalid bin Walid ialah, seorang panglima perang yang sangat berbakat. Ia memiliki keahlian dalam berbagai bidang, termasuk:

  • Strategi perang: Khalid bin Walid memiliki kemampuan yang luar biasa dalam menyusun strategi perang. Ia sering menggunakan taktik yang mengejutkan dan tidak terduga untuk mengalahkan musuhnya.
  • Taktik militer: Khalid bin Walid juga memiliki kemampuan yang luar biasa dalam menggunakan taktik militer. Ia sering menggunakan taktik yang efektif untuk mengalahkan musuhnya, seperti taktik pengepungan, taktik serangan mendadak, dan taktik serangan balik.
  • Kepemimpinan: Khalid bin Walid adalah seorang pemimpin yang sangat karismatik dan berwibawa. Ia mampu memimpin pasukannya dengan penuh percaya diri dan tekad.

Khalid bin Walid adalah seorang panglima perang yang sangat legendaris. Ia adalah salah satu panglima perang paling sukses dalam sejarah, dengan kemenangan di lebih dari 100 pertempuran. Ia dijuluki oleh Rasulullah sebagai “Pedang Allah yang terhunus”

Penulis
Moehammad Nurjani
Leave A Reply

Your email address will not be published.