Rakernas Lesbumi NU Usung Tema Tauhid Kebudayaan Suburkan Pohon Kehidupan
Jakarta, NU Online – Lembaga Seni Budaya Muslim Indonesia Nahdlatul Ulama (Lesbumi-NU) akan menggelar Rakernas V Lesbumi PBNU dan Temu Nasional Seniman Budayawan Muslimin Indonesia 2022 di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jumat-Sabtu, 2-3 Desember 2022.
Rakernas bertema Tauhid Menumbuhkan Kebudayaan, Menyuburkan Pohon Kehidupan ini melibatkan pengurus Lesbumi PBNU, perwakilan Lesbumi dari wilayah dan cabang (PWNU dan PCNU) se-Indonesia, beberapa ahli dan tokoh untuk memberi sumbangan gagasan, serta pihak pemerintah sebagai pengambil dan pelaksana kebijakan negara.
“Di rakernas ini, kami akan merumuskan berbagai langkah nyata berdasarkan identifikasi persoalan, baik dalam hal keorganisasian maupun kebudayaan secara luas. Selanjutnya, kami dapat membuat solusi dan acuan kerja bersama,” kata Ketua Umum Lesbumi PBNU M Jadul Maula.
“Harapan kami akan lahir berbagai resolusi terkait beragam masalah yang dihadapi masyarakat dalam bingkai kebudayaan,” lanjut Jadul Maula dalam siaran pers yang diterima NU Online, Jumat (2/11/2022).
Jadul menambahkan, Lesbumi siap bekerja sama dengan berbagai pihak, seluruh lembaga di lingkaran PBNU, lembaga-lembaga kebudayaan dalam negeri dan mancanegara, para ahli yang mendedikasikan diri mereka dalam kebudayaan, serta pemerintah sebagai pelaksana konstitusi dan pengambil kebijakan.
Hal itu demi penguatan kapasitas Lesbumi sebagai sebuah lembaga kebudayaan dengan cakupan nasional yang turut andil dalam pemajuan kebudayaan nasional. “Kerja sama akan saling menguatkan satu sama lain, memperlancar agenda pemajuan kebudayaan nasional, serta meningkatkan kapasitas kita sebagai sebuah bangsa,” imbuhnya.
Menurut Ketua PWNU DKI Jakarta mewakili panitia pelaksana, H Ahmad Yusuf, acara di Setu Babakan dirasa cocok untuk acara yang melibatkan banyak budayawan dan pengamat budaya secara nasional. Selain tempatnya luas, Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan juga menjadi ruang reka cipta kebudayaan Betawi, salah satu pusat kebudayaan Betawi.
Beragam kesenian khas Betawi akan ditampilkan dalam kegiatan ini, seperti palang pintu, tradisi lisan yang sudah menjadi warisan budaya takbenda Indonesia, lalu ada ketimpring, tarian pembuka khas Betawi, orkes gambus, dan masih banyak lagi.
Peran Lesbumi
Lesbumi-NU dalam rentang sejarahnya, telah memiliki peran dalam pelestarian kebudayaan Indonesia sebagai sebuah bangsa. Peran tersebut dilakukan dengan mengambil pandangan secara seimbang antara nilai-nilai tradisi yang dianggap relevan dan luhur, nilai-nilai global yang selaras dengan karakter dan perilaku bangsa, serta Pancasila sebagai orientasi dan landasan kepentingan nasional kita.
Pandangan tersebut diambil dengan menggunakan pasal dalam kadiah-kaidah ushul fiqh sebagai mekanisme pengambilan keputusan dalam Islam: al-muhaafadzatu alal qadiimis shalih wal akhdzu bil jadiidil ashlah (Melestarikan warisan lama yang baik dan menambahkan hal baru yang lebih baik lagi).
Ketua Panitia Pengarah Rakernas dan Pengurus Lesbumi PBNU, Abdullah Wong mengatakan, perjalanan Lesbumi sebagai organisasi seni-budaya sangat dinamis, karena faktor internal dan eksternal. Beberapa faktor internal antara lain bentuk oragnisasi Lesbumi yang besar mulai pusat hingga daerah, sumberdaya manusia yang belum merata, serta model tata kelola organisasi yang belum efisien.
Adapun beberapa faktor eksternal seperti posisi kebudayaan yang belum dianggap penting dalam agenda nasional Indonesia, relasi NU dan pemerintah yang mengalami pasang-surut sejak Orde Lama, Orde Baru, hingga pascareformasi, serta kompleksitas dan majemuknya masalah kebudayaan di berbagai daerah di Indonesia.
Jadul menambahkan, ada banyak agenda yang akan dibahas dalam rakernas dan temu nasional, satu di antaranya adalah fikih kebudayaan demi pemajuan kebudayaan.
“Kita tahu, peran NU dalam sejarah Indonesia berangkat dari mekanisme pengambilan keputusan dalam Islam yang mengatur tugas dan hubungan manusia dengan Tuhan, sesama manusia, dan alam, yaitu ushul fiqh atau teori hukum Islam yang komprehensif dengan menimbang sumber sakral, sosio-kultural, ekonomi, dan politik demi mencapai kemaslahatan yang sebanyak-banyaknya dan risiko sekecil-kecilnya bagi umat manusia dan lingkungan yang dihuni,” paparnya.
Dengan melakukan pembahasan melalui ushul fiqh, pemajuan kebudayaan akan memiliki kekuatan secara religio-legal serta mendapat dukungan otoritas keagamaan dalam Islam. Pada saat yang sama, melalui fikih kebudayaan agama ikut mengembangkan dirinya agar tetap relevan dan menjadi solusi dari berbagai masalah yang dihadapi dan bukan bagian darinya.
“Pembahasan ini tentu merangkul sejumlah ahli yang kompeten dalam bidang agama, seni, dan kebudayaan secara luas demi menghasilkan visi yang arif, luas, dan maslahat bagi umat manusia dan khususnya bangsa Indonesia,” kata Jadul.
Marginalisasi Kebudayaan
Kebudayaan merupakan wahana yang melingkupi keseluruhan hidup manusia. Namun, kebudayaan belum menjadi prioritas utama dalam agenda strategis nasional dibanding ekonomi, teknologi, pertahanan dan lain sebagainya.
Akibatnya, berbagai faktor lain tersebut diraih dan diimplementasikan di luar kerangka kebudayaan sehingga sering tidak selaras dengan manusia yang menjalaninya.
Menurut Sekretaris Lesbumi PBNU Inayah Wulandari Wahid, praktik marginalisasi kebudayaan tersebut bukan hanya fenomena nasional namun global. Di tengah situasi internasional yang sedang mengalami ketegangan di bidang politik, ekonomi dan militer, kebudayaan dapat mengambil posisi sebagai wahana diplomasi untuk membangun hubungan saling memahami dan menerima antar manusia dan bangsa serta menawarkan visi tata kehidupan yang konsisten, adil, dan manusiawi.
“Visi tersebut dapat dilakukan dengan jalan memajukan kebudayaan di berbagai sektor. Dalam Temu Nasional Seniman Budayawan NU 2022, pemajuan kebudayaan akan menjadi semangat utama untuk melakukan akselerasi agar kebudayaan bisa mendapat tempat yang layak dalam agenda strategis nasional,” kata Inayah.
Oleh karena itu, kami akan membahas berbagai topik secara seksama demi menghasilkan rumusan yang menjawab berbagai tantangan mutakhir di bidang kebudayaan,” sambungnya.
Editor: Musthofa Asrori