The news is by your side.

Rombongan Peziarah Kabupaten Bandung Diterima Bupati Jombang

Rombongan Peziarah Kabupaten Bandung Diterima Bupati Jombang | NU Online LTN Nahdlatul Ulama Jawa BaratBertempat di Pendopo Kabupaten Jombang, Senin, 12/12/2022 Bupati Kabupaten Jombang Hj. Mundjidah Wahab, wakil Bupati Sumrambah, S.P.,M.AP beserta segenap jajaran petinggi Kabupaten Jombang lainnya, menerima kunjungan kerja Bupati Kabupaten Bandung Dr. H. M. Dadang Supriatna, S.I.P., M.Si, yang juga membawa serta 200 orang rombongan para penziarah dari kabupaten Bandung.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati kabupaten Bandung, Dr. Dadang Supriatna S.Ip. M.Si, menyampaikan rasa syukurnya, dan mengucapkan terimakasih kepada jajaran pemerintah kabupaten Jombang, Kabag Kesra, dan kabagsospol, Kesra Kabupaten Jombang, dan kepala Dinas Pendidikan kebudayaan, dan menyampaikan salam silaturahmi kepada ibu Bupati kabupaten Jombang, dan menyampaikan maksud silaturahmi dan ziarah ke makam pendiri NU KH. Hasyim Asy’ari, dan makam Gus Dur.

Kehadiran Bupati Kabupaten Bandung ke Kabupaten Jombang, adalah sebagai bentuk pemenuhan janji, “Ziarah ini sebagai tindak lanjut dari janji saya dahulu sebelum jadi bupati, yang akan membawa rombongan para penziarah dari Kabupaten Bandung untuk kembali ke Jombang berziarah, setelah menjadi Bupati.” Ujar nya menegaskan.

Bupati berjanji akan menambah peserta ziarah ditahun berikutnya, menjadi lebih dari 6 bus, seperti yang sekarang ini menyertainya dalam perjalanan kerjanya, dan pernyataan itupun disambut tepuk tangan riuh dari para peserta ziarah yang turut serta dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Jombang ini.

Bupati Kabupaten Bandung dalam lawatan inipun, menjajaki kerjasama di berbagai bidang, untuk ditindak lanjuti dan dikerjasamakan, sehingga akhirnya bisa saling menguntungkan, dan apa yang baik dan perlu dipelajari dari kabupaten Jombang, bisa dilaksanakan nanti di Kabupaten Bandung.

Bupati Kabupaten Bandung, menyampaikan juga gambaran program unggulan, terkait 13 program strategis yang sedang di jalankan, dengan memberikan insentif kepada guru ngaji lewat Program pertama, ungkapnya adalah insentif guru ngaji berikut BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan dengan anggaran Rp. 109 milyar pertahun untuk 17.000 guru ngaji.

Berkaitan dengan pemulihan ekonomi, mengatasi bank Emok pemerintah kabupaten Bandung, memberi pinjaman dana bergulir 40 milyard,” dan mudah-mudahan bisa berjalan dan perdampak positif sehingga masyarakat tidak terjerat rentenir.”

Lebih lanjut Dadang menjelaskan, “program yang kedua adalah, pinjaman bergulir tanpa bunga dan tanpa jaminan.” Paparnya lagi.

“Program ketiga, adalah pemberian asuransi kepada petani sejumlah 50 ribu petani, dan dianggarakan 25 milyar, untuk kemaslahatan umat.” Jelas bupati Bandung ini memaparkan program pemerintah yang sudah dijalankannya.

Dalam sambutan selamat datangnya, ibu Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab menyampaikan salam takzim kepada segenap rombongan para penziarah, serta ucapan selamat datang di kabupaten Jombang.

“Dan semoga niat baiknya menjadikan silaturahmi ini menjadi kebarokahan. Atas nama kabupaten Jombang dan masyarakat Jombang menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para rombongan penziarah yang datang ke Kabupaten Jombang. Dan semoga Jombang pun bisa bersilaturahmi ke Bandung.” Ujar Bupati Jombang ini dalam isi sambutan pengantarnya.

Dalam kesempatan yang sama, ibu Bupati kabupaten Jombang ini menginformasikan bahwa,” Jombang telah berusia 112 tahun, memiliki penduduk 1.23 juta jiwa, dan pondok pesantren sekitar kurang lebih 200 pondok pesantren. kota Jombang ini merupakan kota persimpangan yang selalu di lewati dari berbagai arah, dan masyarakatnya guyub di Jombang ini, dan dari empat penjuru daerah Jombang di Pagari oleh pesantren di tiap sudutnya. Dan dengan adanya empat pilar pesantren ini, maka masyarakat Jombang menjadi guyub, rukun, aman dan damai.”

Acara silaturahmi antar dua pemerintahan Kabupaten ini, kemudian di tutup dengan saling tukar cendramata, baik dari Pemerintah Kabupaten Bandung ke pemerintah kabupaten Jombang, dan begitu pun sebaliknya, akhir sesi kunjungan kerja ini, seluruh peserta melakukan foto bersama mengakhiri sesi silaturahmi tersebut.

Hadir dalam kesempatan itu Asisten pemerintah kesra kedua kabupaten, beserta segenap jajarannya, dari rombongan penziarah sendiri, hadir Ketua MUI, ketua PCNU, Sekretaris PCNU H. Imron Rosyadi, yang juga mantan ketua PC GP Anshor Kabupaten Bandung, Rais Syuriyah PCNU KH Haidar Mustafa Kamal, Khatib PCNU KH Dr Yusuf Ali Tantowi, Ketua DKM Masjid Agung Al Fathu, lembaga PCNU, Banom, dan perwakilan 31 MWC NU kabupaten Bandung, perwakilan DMI, Ketua BKPRMI Kabupaten Bandung, perwakilan LPTQ kabupaten Bandung, perwakilan BAZNAS.

Akhir dari perjalanan wisata religi tour ziarah para ulama dan Umaro dari kabupaten Bandung, yang dibarengi dengan kunjungan kerja Bupati Kabupaten Bandung Dadang Supriatna, ke kedua kabupaten Demak dan Jombang, di akhiri dengan berziarah ke makam Gus Dur, dan tepat pukul 19.30 Bus melaju kembali pulang ke Kabupaten Bandung.

Pewarta Bambang Melga Suprayogi M.Sn.

Leave A Reply

Your email address will not be published.