The news is by your side.

Sambut Hari Santri LTN PWNU Jawa Barat Rilis Aplikasi Android Unik

LTNNU Jabar, Bandung –  Menyambut Hari Santri 22 Oktober 2022 Lembaga Ta’lif wan Nasyr PWNU Jawa Barat rilis aplikasi Android  di website https://ltnnujabar.or.id. Aplikasi Android ini memuat beragam pintasan, tidak membatasi diri hanya menyuguhkan sajian website maupun kanal Youtube LTN NU Jabar saja, namun juga ke berbagai web dan kanal Youtube pilihan lainnya yang masih dalam satu tarikan nafas dalam ke-NU-an, bahkan umum. Kalau kue, macam kue kaleng assorted, menyajikan bermacam suguhan kue pilihan yang enak-enak. Uniknya, kus-kue yang enak-enak itu, dikumpulkan dari berbagai “merk”.

Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan, menyajikan beragam pilihan bahan bacaan dan tontonan yang bisa diambil manfaatnya tanpa perlu mengetik berulangkali alamat website tujuan pada browser maupun mencari-cari kanal Youtube.

Terdengar seperti “super apps” ? Mungkin masih jauh, masih se-sederhana itu saja, lebih mirip aplikasi penyimpan bookmark hyperlink. Meskipun demikian, memang aplikasi berbasis Android ini sedikit banyaknya mengambil secuil konsep “super apps”, aplikasi yang menyediakan berbagai layanan dalam sebuah aplikasi. 

Biasanya sih aplikasi “super apps” dibuat oleh sebuah korporasi besar yang memiliki banyak layanan atau produk digital, ketimbang membuat banyak aplikasi Android yang terpisah-pisah, lebih baik digabung dalam satu aplikasi saja. Alasannya, apalagi kalau bukan kemudahan ? Diikuti engagement, kemudian memperkenalkan layanan yang tersedia secara keseluruhan pada pengguna. Poin terpenting-nya, “memperkenalkan layanan yang tersedia secara keseluruhan“.

Aplikasi ini belum disimpan di Playstore, masih di Google Drive. Karena itu perlu ada sedikit penjelasan ketika melakukan proses instalasinya. Prinsipnya sbb :

  1. Memberikan ijin agar Android bisa menginstall aplikasi di luar dari Playstore. File aplikasi android “mentah” ini berakhiran .apk. Dalam kesempatan kali ini kita akan memberikan ijin pada aplikasi Chrome, File Manager dan Whatsapp agar bisa langsung menginstall file “mentah” aplikasi Android. Setelah selesai instal, bisa ditutup kembali.
  2. Melakukan download file .apk nya, dalam kesempatan kali ini file dengan nama “ltnnujabar_sapps.apk”
  3. Melakukan proses instalasi

Detailnya seperti ini :

Memberikan Ijin agar Android bisa menginstall aplikasi di luar dari Playstore

Tiap smartphone mungkin memiliki penamaan menu yang mungkin berbeda atau mungkin sudah menggunakan bahasa Indonesia. Tutorial berikut ini menggunakan smartphone Samsung.

1. Pilih menu setting

01. Pilih menu setting

2. Pilih menu security. Beberapa smartphone menyertakan fitur pencarian setting, bisa langsung cari dengan kata kunci “security” atau atau langsung dengan kata kunci “install” kemudian pilih “install unknown apps” untuk melompat ke langkah ketiga.

02. Pilih Menu security

3. Pilih menu install unknown apps.

03. Pilih install unknown apps

4. Pilih aplikasi Chrome. Selain Chrome bisa juga nantinya ditambahkan Whatsapp, dan juga File Manager

04. Pilih Chrome

5. Geser switcher ke arah kanan layar untuk mengaktifkan, warna akan berubah menjadi biru

05. Aktifkan dengan menggeser switch ke arah kanan

NB : Jika diperlukan, tutup kembali ijin tersebut di atas dengan langkah yang sama. Hanya perlu mengembalikan swicth menjadi off dengan menggesernya ke arah kiri layar.

Sebelum mendownload :

Sebelum download aplikasi, ada baiknya kita ketahui prosesnya terlebih dahulu sebagai berikut :

1. Gunakan aplikasi Chrome yang ijin-nya telah diberikan sesuai langkah di atas (jika saat membaca artikel ini menggunakan browser selain Chrome). Selanjutnya temukan kembali artikel ini.

2. Perlu diketahui, ketika klik tombol download aplikasi di web ini, browser akan membuka halaman baru ke Google Drive seperti yang ditunjukkan gambar di bawah ini, selanjutnya pilih download.

06. Pilih / klik download

3. Selanjutnya pilih / klik download anyway

07. Pilih / klik download anyway

3. Proses download akan berlangsung. Ketika selesai Chrome menawarkan untuk membuka file, pilih open

08. Pilih / klik open

4. Android akan merespon dengan memberikan pilihan, pilih install

09. Pilih / klik install

5. Selesai instalasi, pilih open untuk melihat apakah instalasi berhasil atau tidak

10. Pilih / klik open

Jika instalasi berhasil, akan tampil splashscreen dan dilanjutkan ke menu utama dari aplikasi.

10. Splashscreen
11. Menu utama

Setelah membaca uraian singkat di atas, selanjutnya tinggal menyelesaikan challenge untuk download aplikasi tersebut dan menginstallnya. File dengan ekstensi .apk, dengan nama ltnnujabar_sapps.apk tersebut bisa di download di sini :

Download di sini

Aplikasi ini sudah barang tentu jauh dari sempurna dan aplikasi ini sendiri merupakan pengembangan dari aplikasi sejenis yang pernah digagas sebelumnya namun belum sempat dirilis. Dan masih banyak layanan ke-NU-an lain-nya yang ingin disertakan di masa yang akan datang. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.