Ucapan Selamat Lebaran Gaya Tahun 40-an

13

 

Redaksi majalah Berita Nahdlatoel Oelama (selanjutnya BNO) memfasilitasi pembaca untuk mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri tahun 1359 Hijriyah atau Oktober 1940. Redaksi memfasilitasi ucapan tersebut sebanyak empat halaman ekstra 16 A, B, C, D.  

Ucapan selamat disampaikan pengurus NU baik secara organisasi maupun pribadi, Ansor Nahdlatoel Oelama (ANO) sekarang Gerakan Pemuda Ansor sampai lembaga pendidikan NU. Juga warga umum dari beragam latar belakang profesi semisal guru, agen kapur, meubel, agen BNO, pemilik toko, dan lain-lain. 

Asal daerah warga yang mengucapkan selamat itu tercatat dari Bengkulu, Palembang, Indragiri, Bangka. Rata-rata mereka berasal dari Jawa Timur dan Jawa Tengah seperti Surabaya, Pasuruan, Sidoharjo. Ada juga dari Banyuwangi, Lumajang, Purworejo, Ponorogo, Gresik, Mojokerto dan lain-lain.   

Sementara aksara yang digunakan ucapan selamat itu ada yang berbahasa Arab, Arab Pegon, dan Latin. Penggunaan bahasa ada yang dengan Arab, Indonesia ejaan waktu itu, dan Jawa. 

Rangkaian ucapan selamat dimulai dengan pernyataan dari Hoofdbestuur Nahdlatoel ‘Oelama’ (HBNO) sekarang Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Berikut ucapan HBNO: 

Tersampaikan kepada saudara-saudara kaoem Moeslimin dan Moeslimat, terutama kawan-kawan seagama sefaham, sepergerakan dan sehaloean, dengan ini kami mohon maaf dan ampoen atas kekeliroean, kechilafan, kelantjangan, dosa ketjil dan besar, lahir-batin, dan halalkanlah segala sesoeatoe jang seharoesnja di mohon halalnja: Selamat hari Raja. Selamat berdjoeang dalam djalan Allah!!!

Wassalam dari Hoofdbestuur Nahdlatoel ‘Oelama’ dengan segala bagian-bagiannja.

Berikut ucapan dari pengurus NU tingkat kecamatan Madjlis Wakil Tjabang (MWT) sekarang Majelis Wakil Cabang (MWC):

Kita atas nama “Nahdlatoel Oelama” Madjlis Wakil Tjabang Singosari, berikoet bagian-bagiannja, poen djoega dengan kring-kring wilajah kita (12 resort) lebih koerang dari 800 leden laki-laki dan perempoean, djoega ta’ ketinggalan ANO sji’ib Singosari berikoet poela dari Atvalnja sekali. Atoer periksa ke hadapan para pembatja ‘oemoemnja, teroetama para Nahdlijjin choesoesnja berhoeboeng di dalam hari raja ini (1 Sjawal 1359 ) hari kerachmatan dan kesjoekoeran kita kepada Toehan Allah s.w.a. Dan djoega minta kema’afannja sekalian para pembatja atas kesalahan-kesalahan segala-galanja. Ta’ keloepaan djoega kita memberi kemaafan kepada segenap para sidang pembatja. Moedah-moedahan kesemoeanja tahadi bersama-sama pandjang oemoer, dengan selamat dan to’at kepada Rabboel ‘alamin.

Wassalam

a/n pengoeroes N.O. M.W.T. Singosari 

Ucapan selamat dari salah seorang warga: 

Lepaslah soedah kita berbakti 
Berpoeasa berbilang hari
Bertarawich, berdaroes Qoer’an soetji
Moga-moga dterimalah oleh Robbal ‘Izzati
Kini Idilfitri lah nampak kembali 

Hari bersjoekoer ke chadirattirabbi 
Dan… wahai teman serta sanak famili 
Maafkanlah kesalahan kami dan isteri 

M. Noersjamsi Kebagoesan Grisee
1 Sjawal ‘59

Dari  pedagang:

Terimalah silaturachmi kita 
H. Djafar “Agent Kapoer”
Pasoeroean 

(Abdullah Alawi)

Catatan: Naskah ini terbit pertama kali di NU Online pada Senin, 26 Juni 2017 pukul 11:02. Redaksi mengunggahnya ulang tanpa mengubah isi tulisan.  

Sumber : NU Online

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here