Banser Tanggap Bencana (BAGANA) Bantu Korban Banjir Pantura Indramayu

102

Indramayu –  Pada setiap kejadian bencana alam, Banser Tanggap Bencana (Bagana) di berbagai daerah pasti turun membantu masyarakat yang sedang terkena musibah,  tidak terkecuali Bagana Kabupaten Indramayu  turun tangan dan melakukan aksi sosial terbaiknya bersama ratusan anggota lainnya. Bagana  memberikan kontribusi pengabdian kepada para korban banjir di Desa Sumuradem, Kecamatan Sukra, Kabupaten Indramayu sejak peristiwa banjir menimpa ribuan warga Sumuradem, Sukra dan tiga Kecamatan lainnya sejak, Kamis lalu (9/1) hingga hari ini.

Saat dikonfirmasi awak media, Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Indramayu, Edy Fauzi menjelaskan bahwa dirinya sudah mengirimkan puluhan Tim Bagana dan Banser pada titik lokasi banjir di wilayah Desa dan Kecamatan yang terdampak banjir.

“Kehadiran anggota Bagana ditengah- tengah korban banjir adalah semata-mata sebagai bentuk kontribusi dalam melakukan penanganan sosial, baik saat kejadian berlangsung maupun pasca banjir, dan Bagana dalam melakukan tugas biasanya bergantian sift serta masuk satu barisan dengan tim relawan bencana lainnya, seperti BPBD atau relawan lainnya, “jelasnya.

Ditambahkan Edi Fauzi bahwa pihaknya akan mendirikan posko bencana alam hingga musibah yang menimpa masyarakat terselesaikan.

“Biasanya pekerjaan pasca bencana alam akan lebih memakan banyak tenaga, jadi kami putuskan untuk terus mendirikan posko sampai dipastikan masyarakat yang terkena musibah banjir sudah kembali ke rumahnya dan aktifitas masyarakatnya kembali normal, “imbuhnya.

Pada saat bersamaan, Ketua Bagana Kabupaten Indramayu Arif Rahman mengungkapkan bahwa Bagana hadir sebagai kontribusi dari GP. Ansor dan Banser untuk umat.

“Bagana adalah satuan dri banser tanggap bencana, untuk itu ketika bencana terjadi, Bagana hadir membantu tanpa melihat latar belakang, ras dan dan suku bangsa atau masyarakat yang sedang terkena bencana, makanya pada setiap bencana, kami pasti akan membantu siapapun, dari agama atau latar belakang apapun, dan kebetulan pada kesempatan kali ini kami telah ikut membersihkan sekolah, pesantren, kantor KUA, dan ikutserta dalam evakuasi masyarakat dari tempat banjir ke tempat yang tidak terkena banjir, “ungkapnya.

Secara terpisah warga masyarakat Blok Kalentengah Desa. Sumuradem, Syukron Ma’mun dihadapan media menyampaikan terimakasih atas segala bantuan yang dilakukan oleh Bagana Kabupaten Indramayu.

“Saya atas nama masyarakat mengucapkan terimakasih kepada Bagana karena telah membantu masyarakat kami, semoga Bagana selalu hadir pada kesempatan apapun, dimanapun, karena kami tahu apa yang dilakukan oleh Bagana adalah sebuah pekerjaan yang mulia dan dapat menyenangkan orang lain, terutama yang sedang terkena musibah, “ucapnya.

Berdasarkan laporan yang dikutip Pusdalops BPBD Kabupaten Indramayu bahwa banjir telah menggenagi sebagian besar Kecamatan. Sukra, Patrol, Anjatan dan Bongas, dengan ketinggian air 50 – 90 cm, serta menggenagi ratusan unit rumah yang dihuni oleh ribuan jiwa, dan berhasil membuat satu unit rumah ambruk milik ibu Tunidah di Kecamatan Sukra.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here