Ngaji Yuk : Bolehkah Muslim Masuk ke Gereja?

176
Bolehkah Muslim Masuk ke Gereja?

Bolehkah Muslim Masuk ke Gereja? Jangan Emosi, Kita Ngaji Kitab Fiqh Yuk!

Sahabat dan guru saya, Ustaz Yusuf Mansur meminta saya menjelaskan bagaimana hukumnya seorang Muslim memasuki gereja. Belakangan ini ada tokoh yang mengatakan, “murtad bagi Muslim yang masuk gereja.” Ada lagi yang mengatakan, “haram menurut mazhab Syafi’i”. Bagaimana status hukumnya yang sebenarnya? Ada baiknya penjelasan ini saya tuliskan dan bagikan untuk yang lain.

Sebenarnya tidak ada larangan dalam nash al-Qur’an dan Hadits yang secara tegas melarang Muslim masuk gereja atau rumah ibadah lain. Karena itu, perkara ini masuk ke wilayah interpretasi, atau penafsiran para ulama. Itulah sebabnya para ulama berbeda pandangan mengenai status hukumnya.

1 COMMENT

  1. kalau menurut hemat saya,kalau kelsny seperti saya kayany ga akan sanggup utk masuk apalagi ibadahseperti sholat didalam gereja,padahal sholat harus berusaha utk khusyu,ktka sholat di masjid saja kita ssah utk full khusyu apalagi di gereja pasti perasaan dn fikiran ga akn bs khusyu apalagi,jd jgn krn atas nama toleransi kita beribadah berdakwah d gereja,ga kbayang org” islam sholat berjama’ah di gereja,Na’udzubillah minndzalik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here