Catatan Pergunu Depok di Silatnas Profesi Guru Nasional di PBNU

5

Jakarta (24/11/18), gedung PBNU pagi ini seakan menjadi saksi, para pejuang pendidikan yang berprofesi sebagai Guru, tampak hadir memenuhi lantai atas Aula gedung Pengurus Besar Nahdalatul Ulama

Sarasehan Pendidikan dan Silaturahmi Nasional Organisasi Profesi Guru menjadi tema hari ini, dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional.

Kualitas para guru dipengaruhi bukan hanya faktor infrastruktur saja tapi dari kualitas gurunya itu sendiri. Ujar Prof. Dr. Ojat Darojat. Orang nomor satu di Universitas Terbuka yang menjadi salah satu pembicara kali ini.

Pemerintah, Pemda, penyelenggara pendidikan, satuan pendidikan, dan atau organisasi profesi wajib memberikan perlindungan terhadap guru dalam pelaksana tugas; berupa perlindungan hukum, perlindungan profesi dan perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja. Ujar beliau

Guru abad 21 harus melek informasi melek media dan juga melek ICT, harus menguasai semua itu.

Dimana guru ini susah melepaskan tradisi lama yaitu Rock learning. Guru membebani siswa suruh menghapalkan yg ada di buku paket. Ketika mengerjakan soal ujian dan ia bisa menjawab itu semua dengan hasil yg bagus. Menurut guru itu adalah kesuksesan. Padahal itu sudah tidak relevan di lagi era sekarang ini.

Guru sukses mereka yang bisa mengantarkan anak didiknya sukses di masyarkat, mengabdi san berkiprah serta bermanfaat ilmunya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here