Dalam Sejarahnya, Haji Pernah Beberapa Kali Dibatalkan

40
Dalam Sejarahnya, Haji Pernah Beberapa Kali Dibatalkan

Makkah, NU Online – Otoritas Arab Saudi melakukan banyak langkah untuk menekan penyebaran virus corona (Covid-19) di wilayah Kerajaan, termasuk menghentikan penerbitan visa umrah baik untuk jamaah asal Saudi sendiri maupun untuk jamaah dari negara-negara lain.

“Pihak Kerajaan untuk sementara menangguhkan ibadah umrah ke Makkah dan mengunjungi Masjid Nabawi di Madinah untuk warga asli dan pendatang guna mencegahan penyebaran virus Corona,” tulis Kementerian Luar Negeri Arab Saudi lewat akun twitter resminya, @KSAmofaEN, Rabu (4/3). Belum diketahui sampai kapan larangan mengerjakan umrah itu akan berlangsung.

Saudi juga menutup Masjidil Haram dan Masjid Nabawi untuk dilakukan sterilisasi guna mencegah penyebaran Covid-19. Penutupan dua masjid tersuci umat Islam itu dilakukan pada Kamis (5/3) malam, satu jam setelah Shalat Isya, dan dibuka kembali pada Jumat (6/3).

Seiring dengan hal itu, muncul pertanyaan di kalangan umat Islam di seluruh dunia tentang apakah haji tahun ini akan dibatalkan? Tidak seperti umrah yang bisa dikerjakan kapan saja sepanjang tahun, haji hanya bisa dilaksanakan pada awal bulan Dzul Hijjah, bulan terakhir di kalender Hijriyah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here