Forum Lintas Agama, Ormas dan Akademisi Depok gelar Silaturahmi Demi Keutuhan NKRI

9

Bertempat di Restoran Felo Kelapa Dua Depok, Sabtu,18 Mei 2019, tokoh-tokoh lintas agama, ormas dan akademisi menyelenggarakan silaturahmi dan buka bersama. Acara ini bertujuan untuk menjaga kedamaian, persatuan, kesatuan dan keutuhan NKRI. Hadir dalam acara ini perwakilan dari berbagai kalangan seperti para dai dan mubalig, perwakilan dari Nasrani, Katolik, FBR, PGN (Patriot Garuda Nusantara), Paguyuban Santri Nusantara, Lesbumi dan akademisi dari UI dan Universitas Gunadarma.

Dalam sambutannya, Kyai Asnawi Ridwan, penasehat Forum DAHSYAT (Dakwah Ahlussunnah Syiar At Tawassuthiyah) selaku penyelenggara acara ini menyampaikan bahwa pentingnya untuk menjaga persatuan dan kesatuan. Selain itu toleransi juga hal penting yang harus ditumbuhkan dalam kehidupan berbangsa. Hal itu dikarenakan tidak mungkin dari semua agama atau golongan terpuaskan dengan semua kebijakan pemerintah. Oleh karena dibutuhkan sikap tepat dan sikap yang paling tepat menghadapi hal semacam itu adalah toleransi. Toleransi akan membuat kita saling menghormati.

Pentingnya memahami sebuah perbedaan juga disampaikan oleh Pdt Dr. Benyamin Banu yang mewakili umat Kristiani. Perbedaan itu justru akan membuat hidup ini menjadi lebih indah. Hal yang perlu diperhatikan adalah pentingnya memahami peran masing-masing dalam membangun bangsa ini. Sikap toleransi dalam menyikapi perbedaan menjadi bekal penting untuk terciptanya harmonisasi kehidupan di masyarakat.

Dr. Muhammad Fakhrurrozi dari Universitas Gunadarma yang mewakili kalangan akademisi menambahkan bahwa tugas rakyat adalah mendukung pemerintah. Meskipun hasil kerja pemerintah itu tidak ada yang sempurna namun kita mesti bersikap menerima kekurangan yang ada sembari mengusahakan perbaikan bersama-sama. Penting sekali untuk bersatu dalam mendukung keberhasilan pemerintah menjalankan program kerjanya. Rakyat dan pemerintah harus bersama-sama menerbangkan “pesawat terbang Indonesia” demi kejayaan NKRI.

Acara diakhiri dengan Deklarasi Pernyataan Sikap terkait situasi pasca Pemilu yang dibacakan oleh KH. Fatkhuri Ahmad selaku penasehat Forum DAHSYAT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here