Indahnya kebersamaan Muslim dan Non Muslim di Masjid Darul Falah Banjarnegara

75

Hari ini mayoritas umat Islam Indonesia memperingati hari Idul Fitri 1440 H. Tahun ini patut disyukuri karena perayaan lebaran 1 Syawal dilaksanakan bersamaan oleh mayoritas muslimin di negeri ini termasuk juga dua ormas terbesar, NU dan Muhammadiyah. Waktu yang bersamaan tersebut menambah lengkapnya kebahagiaan di hari lebaran ini.

Tidak hanya muslimin yang terlibat di hari lebaran ini, warga non muslim pun juga ikut serta terlibat di dalamnya. Sebagaimana yang bisa kita saksikan pelaksanaan sholat ied di Masjid Darul Falah Purwareja Klampok, Banjarnegara.

Jemaat gereja setempat ikut serta membantu pelaksanaan sholat ied tersebut. Bersama anggota Banser, mereka ikut menjaga parkiran, mengarahkan jamaah sampai membantu membersihkan sampah dan membereskan perlengkapan sholat. Sholat ied di Masjid Darul Falah dihadiri oleh ratusan jamaah. Hingga halaman masjid dan jalanan dipenuhi jamaah.

Kehadiran para jemaat gereja tersebut selain sangat membantu kelancaran pelaksanaan sholat ied ini juga menunjukkan toleransi yang sangat baik antara muslim dan non muslim. Suatu kegiatan yang pantas diapresiasi dan diteladani. Kegiatan semacam ini perlu banyak dilakukan di banyak wilayah negeri ini sehingga persatuan dan kesatuan antar sesama anak bangsa semakin kokoh.

Kegiatan toleransi tersebut sudah kali yang kedua dilakukan di Masjid Darul Falah. Setelah acara, para jemaat gereja dan Banser silaturahim dan sowan ke tokoh masyarakat setempat sambil menikmati jamuan makanan lebaran. Dari sebuah desa di Banjarnegara ada pesan yang jelas bagi seluruh bangsa Indonesia yaitu betapa indahnya toleransi. (Muhammad Fakhrurrozi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here