Ini Ceramah Jokowi Pada Haul Ke-124 Syekh Nawawi Banten

19

Ini Ceramah Jokowi Pada Haul Ke-124 Syekh Nawawi BantenSerang, NU Online
Presiden RI Joko Widodo dalam sambutannya mengungkapkan kebahagiaannya berkesempatan menghadiri Haul Ke-124 Al-Maghfurlah Syekh Nawawi Al-Bantani di Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara (Penata), Serang, Jumat (21/7) malam. Menurutnya, Syekh Nawawi adalah santri yang membawa nama harum Indonesia di masyarakat dunia.

“Syekh Nawawi adalah ulama Indonesia yang dihormati oleh dunia. Bahkan, beliau satu-satunya ulama yang dimakamkan di samping makam istri Rasulullah,” ujar Jokowi di tengah ribuan jamaah haul.

Ia juga mengingatkan pentingnya menjaga kerukunan di tengah keberagaman.

Iklan Layanan Masyarakat

“Dalam berbagai pertemuan dengan kepala-kepala negara di dunia, selalu saya sampaikan, negara kita punya 714 suku, 17 ribu pulau, dengan ratusan bahasa tapi bisa dipersatukan dengan bahasa, bangsa dan negara Indonesia. Inilah kekayaan Indonesia yang tak dimiliki negara lain. Ini harus kita rawat bersama. Keberagaman ini merupakan fitrah dan anugerah Allah yang harus dijaga, jangan dipertentangkan, jangan dibuat bergesekan,” paparnya.

Menurutnya, dalam berbagai konferensi di dunia ia kerap menyampaikan bahwa Indonesia adalah negara dengan jumlah umat Islam terbesar di dunia.

“Kita memiliki hampir 220 juta penduduk Indonesia beragama Islam. Ini akan saya sampaikan terus agar dunia tahu, bahwa Indonesia adalah negara besar dengan penduduk Muslim terbesar,” tambah Jokowi dengan bangga.

Presiden RI ini juga berharap, umat Islam Indonesia bisa meneladani perjuangan dan keulamaan Syekh Nawawi Banten yang mampu membangkitkan Indonesia melalui jalur pendidikan. (Abdul Malik Mughni/Alhafiz K)

Sumber : NU Online

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here