The news is by your side.

Isra Mi’raj dan Upaya Penanaman Akhlak Pada Siswa

Isra Mi’raj dan Upaya Penanaman Akhlak Pada Siswa | NU Online LTN Nahdlatul Ulama Jawa BaratYuda Saputra – Seperti tahun-tahun sebelumnya di penjuru dunia seluruh umat Islam memperingati peristiwa besar (Isra’ Mi’raj) dengan berbagai caranya. Seperti halnya di SMK NU Pelita Nusantara acara peringatan isra’ mi’raj juga diadakan.

Bertempat di Hall sekolah pada hari rabu Kamis 16 Februari 2023 / 25 Rajab 1443 H acara peringatan isra’ mi’raj berlangsung dengan penuh hikmat dan antusiasme para siswa-siswi serta guru dan karyawan sekolah yang hadir.

isra Mi’raj adalah dua bagian dari perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam saja. Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam, karena pada peristiwa ini Nabi Muhammad SAW mendapat perintah untuk menunaikan sholat lima waktu sehari semalam.


Follow Channel LTNNU Jabar di Whatsapp untuk mendapatkan update artikel terbaru. Klik Link ini >> Channel LTNNU Jabar


 

Peristiwa Isra Mi’raj terbagi dalam dua peristiwa yang berbeda. Dalam Isra, Nabi Muhammad SAW “diberangkatkan” oleh Allah SWT dari Masjidil Haram hingga Masjidil Aqsa. Lalu dalam Mi’raj Nabi Muhammad SAW “dinaikkan” ke langit sampai ke Sidratul Muntaha yang merupakan tempat tertinggi. Di sini Rosulullah SAW mendapat perintah langsung dari Allah SWT untuk menunaikan sholat lima waktu.

Bagi umat Islam, peristiwa tersebut merupakan peristiwa yang berharga, karena ketika inilah sholat lima waktu diwajibkan, dan tidak ada Nabi lain yang mendapat perjalanan sampai ke Sidratul Muntaha seperti ini. Sebagai umat Islam kita dianjurkan untuk memperingati, mengenang, dan mengagungkan peristiwa Isra Mi’raj yang teramat bersejarah sepanjang peradaban kehidupan manusia.

Untuk memperingati peristiwa Isra Mi’raj itu SMK NU Pelita Nusantara menyelenggarakan pengajian dengan mengambil tema “Meneladani Akhlak Rasulullah SAW”. Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan Tahlil Tawasul, dilanjut dengan sambutan dari kepala sekolah SMK NU Pelita Nusantara, di dalam sambutannya beliau juga memberikan pesan untuk semua siswa-siswi SMK NU Pelita Nusantara agar selalu memupuk akhlak, pikiran serta perilaku sebagaimana pantasnya pelajar yang yang meneladani akhlak Rasulullah SAW.

Acara tersebut juga turut mengundang Bapak Surlaman selaku Ketua MUI Desa Harumandala yang memberikan tausiyah tentang sejarah Isra Mi’raj kepada anak-anak SMK NU Pelita Nusantara.

Dengan acara peringatan tersebut, diharapkan siswa-siswi SMK NU Pelita Nusantara. menjadi generasi yang tidak hanya menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi saja, melainkan memahami dan meneladani akhlak baginda Rasulullah Saw.

 

Penulis : Yuda Saputra Tenaga Kependidikan SMK NU Pelita Nusantara

Leave A Reply

Your email address will not be published.