Jajaran Pengurus Rijalul Ansor Kec. Babakan Ciparay Kota Bandung Ziarahi Makam Pendiri Kota

123

Jajaran Pengurus Rijalul Ansor Kec. Babakan Ciparay Kota Bandung Ziarahi Makam Pendiri KotaAjakan untuk Ziarah Kubur dan mendoakan Pendiri Kota Bandung disampaikan oleh Jajaran Pengurus Rijalul Ansor Kec.Babakan Ciparay Kota Bandung saat memperingati Hari Jadi Kota Bandung ke-208.

Tahukah Anda siapakah pendiri Kota Bandung dan dimanakah pusaranya?
Ternyata ada Makam tersebut pendiri Kota Bandung berada di Belakang Masjid Raya Jawa Barat, Alun-Alun Kota Bandung tepatnya berada di Jalan Dalem Kaum, di antara toko-toko dan pedagang kaki lima, situs makam Bupati Bandung ke-6 Raden Adipati Wiranatakusumah II berada. Bupati Bandung ke -6 inilah yang disebut-sebut sebagai pendiri Kota Bandung. Tidak hanya makam bliau disekeliling pusara bliau juga terdapat makam para tokoh Pendiri Kota Bandung, seperti Penghulu Bandung dll.

Gapura besar berada di pinggiran trotoar mengarahkan pada situs makam tersebut. Penjual CD dan DVD langsung menyambut di muka gerbang. Beberapa puluh meter dari gerbang, sebuah pintu gerbang lain menunjukan dengan jelas bahwa tempat itu adalah situs makam Bupati Bandung Raden Adipati Wiranatakusumah II yang memimpin Bandung selama 35 tahun dari 1794-1829.

Iklan Layanan Masyarakat

Makam itu tertutup rapat benteng dan gerbang. Meski begitu makam terbuka untuk siapapun yang mau ziarah. Pemakaman itu tampak bersih. Lahannya yang sempit ini tepat berada di samping Masjid Raya Jawa Barat. Kubah besar dan menara Masjid Raya pun dapat dilihat dengan jelas dari tempat ini.

Ustad Anggi Pratama selaku Ketua Rijalul Ansor Kecamatan Babakan Ciparay Kota Bandung itu, sekitar jam 08.00 Wib mengajak beberapa anggotanya untuk berziarah ke makam RD Wiranata Kusumah II yg tiada lain untuk memperingati Hari Jadi Kota Bandung yg ke-208

” Saya mengajak seluruh generasi muda, Khususnya Warga Kota Bandung terutama para pelajar untuk bisa memperingati Hari Jadi Kota Bandung dengan menziarahi makam pendiri Kota Bandung ini serta mendoakan para generasi terdahulu yang telah berjasa membangun Kota Bandung ini”.Ujar Kang Anggi

Selain itu menurut Kang Anggi acara ini juga adalah bentuk syukur dan rasa terimakasih generasi muda yg di aplikasikan dengan cara mendoakan para pendiri Kota tercinta ini.

“Kami mengajak seluruh warga Bandung khususnya untuk mengingat jasa pendiri Kota Ini, dan mendoakan Para pendiri juga orang-orang generasi terdahulu yang telah membangun Kota Bandung tercinta ini. Kalo menurut orang sunda mah tong dugi ka hilap kana purwadaksi” tambah Kang Anggi

Kegiatan yg dibuka dengan Tawasul, Bacaan Yasin dan ditutup dengan Doa keberkahan oleh Ustad Caberawit Kang Dera Sanjaya dari PKMW Taman Belajar Al-Afifiyah.

Selain di Komplek makam Pendiri Kota Bandung, apabila anda ingin menziarahi makam para Bupati dan Pembesar Bandung lainnya anda bisa berjalan lurus ke Arah Barat menyusuri Jalan Dalem Kaum, diseberang Jl. Otista (Otto Iskandar Dinata) terdapat Gapura besar penanda anda memasuki komplek makam para Bupati Bandung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here