Kebiasaan Main HP

19
Kebiasaan Main HP

Assalamu’alaikum wr wb

Saya Ibu K di Bogor ingin bertanya tentang anak saya. Saya memiliki tiga anak. Anak saya yang ketiga saat ini kelas 6 SD. Ananda punya kebiasaan main HP. Akhirnya sering terganggu belajarnya. Apa yang bisa saya lakukan ya untuk menghadapi anak saya ini? Terima kasih, Pak..

Wassalamu’alaikum wr wb

Iklan Layanan Masyarakat

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Terimakasih atas kesediaannya berbagi cerita, Bu.. Pertama yang perlu dilakukan adalah memahami karakter ananda, Bu. Apakah ananda anak yang rasional atau emosional? Apakah ananda bisa diajak diskusi atau tidak? Apakah yang disukainya? Hal ini penting agar kita bisa memberikan perlakuan yang tepat buat ananda.

Kedua, cobalah untuk membuat aturan bersama dengan anak. Misalnya mengenai pemakaian HP. HP hanya boleh dimainkan tiap Sabtu dan Minggu, atau jam bermain HP dari jam 16.00-17.30, setelah jam 17.30 HP harus dikumpulkan. Atau bisa juga dengan cara dibalik, misalnya jika ananda dalam satu hari belajar selama 1 jam, maka akan mendapat hadiah tambahan waktu bermain HP selama 15 menit misalnya. Total hadiah waktu tersebut nantinya dijumlah di akhir pekan. Sebaliknya jika melanggar aturan, maka ananda akan mendapat konsekuensi berupa tidak boleh main selama seminggu atau dua minggu, dsb. Diharapkan dengan aturan seperti itu ananda bisa belajar disiplin, tanggung jawab dan berlatih mengatur waktu. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah dalam membuat aturan harus sepersetujuan ananda, tanpa tekanan, dijalankan dengan suasana rileks tapi tetap serius.

Mungkin itu yang bisa saya sampaikan, Bu. Mudah-mudahan ananda bisa mengurangi kebiasaan bermain HP nya dan semoga Ibu diberikan kesabaran untuk mengatasi masalah ini.

Wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh

Salam hormat

Muhammad Fakhrurrozi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here