KH Masjkur Terima Penghargaan Gelar Pahlawan Nasional Siang Ini

22

Jakarta, NU Online Mantan Ketua Yayasan Universitas Islam (Unisma) Malang periode pertama KH Masjkur akan menerima anugerah dari Presiden Joko Widodo sebagai Pahlawan Nasional. Tokoh Nahdlatul Ulama yang juga anggota Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) 1945 itu dinilai berjasa kepada bangsa Indonesia. Diantara kontribusinya semasa hidup adalah ikut terlibat merumuskan Pancasila sebagai dasar negara.

Selain itu, Kiai Masjkur ikut serta membangun moral anak bangsa dengan mendirikan Yayasan Sabililah, lembaga masyarakat yang bergelut di bidang pendidikan.

Kabar tokoh asal Jawa Timur jadi pahlawan nasional tersebut dibenarkan M. Mas’ud Said pengurus dari Yayasan Sabilillah, Jawa Timur. Mas’ud menyebut, pengumuman Kiai Maskur mendapat anugerah akan disampaikan pihak Istana Negara pukul 13.30 siang ini.

“Siang ini pkl.13.30 akan disampaikan pengumuman di Istana Negara bahwa KH Masjkur, sang Panglima Laskar Sabilillah, Anggota BPUPKI yang merumuskan Pancasila dan UUD 1945, Pendiri Yayasan Sabilillah, Ketua Yayasan Unisma pertama, Ketua Umum PBNU, Menteri Agama RI, akan dianugerahi sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden Joko Widodo,” kata M. Mas’ud seperti rilis yang diterima NU Online, Jumat (8/11).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here