The news is by your side.

LAZISNU PBNU Serahkan 1 Ton Bantuan Selimut Musim Dingin untuk Rakyat Palestina

LAZISNU PBNU Serahkan 1 Ton Bantuan Selimut Musim Dingin untuk Rakyat Palestina | NU Online LTN Nahdlatul Ulama Jawa Barat

Jakarta, NU Online – Lembaga Amil, Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LAZISNU PBNU) menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk warga Gaza, Palestina, berupa 1 ton selimut musim dingin untuk anak-anak dan dewasa pada Jumat (3/11/2023).

Bantuan ini dipusatkan ke Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta dan akan disalurkan melalui Indonesian Humanitarian Alliance (IHA) yang berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI. Bantuan ini rencananya akan dilepas oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Sabtu (4/11/2023) hari ini.

Sekretaris LAZISNU PBNU Moesafa mengatakan Pemerintah RI memberikan total bantuan keseluruhan sebesar 7 ton. Bantuan ini merupakan bantuan kolektif yang terhimpun dari berbagai lembaga sosial di Indonesia.

“Hari ini kita berkesempatan diberi fasilitas oleh pihak Pemerintah RI yang akan memberikan bantuan ke Gaza dalam berbagai bentuk. Pemerintah Indonesia akan memberikan bantuan dalam kapasitas 7 ton. Itu kemudian dibagi antara bantuan yang akan diberikan oleh pemerintah sendiri dan lembaga sosial yang ada di Indonesia,” kata Moesafa kepada NU Online di Jakarta, Jumat (3/11/2023).

“Terkait dengan alokasi lembaga sosial yang menyampaikan bantuan ke Gaza ini kami mendapatkan alokasi sebanyak 1 ton kapasitas. Oleh karena itu, kita manfaatkan untuk memberikan bantuan berupa selimut. Mengapa? Karena di lokasi konflik saat ini sedang mengalami musim dingin, sehingga alat perlengkapan yang menunjang untuk menghadapi musim dingin sangat diperlukan,” sambungnya.

Moesafa menuturkan, bantuan dari Indonesia yang diikoordinasikan oleh Penanggung Jawab Penerimaan Bantuan Kapten Ismad akan diangkut menggunakan pesawat Hercules C130. Penyaluran kemudian dilanjut melalui jalur darat via Mesir.

“Secara teknis, fasilitas Pemerintah Indonesia nanti akan difasilitasi Kementerian Luar Negeri, jalur yang akan ditempuh untuk bisa masuk ke wilayah Gaza ini melalui negara Mesir dan kemudian menempuh jalur darat. Ini yang paling bisa dilakukan, karena jalur lain relatif lebih sulit untuk bisa sampai ke lokasi konflik,” paparnya.

Moesafa menambahkan, penyaluran bantuan donasi yang berhasil dikumpulkan LAZISNU selanjutnya akan disalurkan melalui mitra terpercaya yakni Althouri Women Center (AWC), sebuah lembaga sosial yang berfokus pada penanganan perempuan dan anak-anak korban konflik.

“Kerja sama kami dengan jaringan kami yang ada di lokasi konflik, yaitu AWC yang berlokasi di Yerusalem akan diwujudkan dalam bentuk obat-obatan makan, pakaian musim dingin sekaligus untuk pemenuhan air minum dan air bersih,” tuturnya.

“Bagaimana bentuknya? Akan kami kirimkan berupa nominal yang nanti akan digunakan untuk pengadaan barang di sana,” imbuh dia.

Adapun bantuan dana donasi yang disalurkan melalui AWC total Rp700 juta. Pada tahap pertama, bantuan yang disalurkan senilai Rp400 juta atau USD 25.430, yang kemudian disalurkan dalam bentuk bantuan berupa 17.000 liter air minum, 1.000 paket makanan siap santap, ribuan paket bahan makanan pokok, ratusan paket obat-obatan, dan kebutuhan pribadi bagi anak-anak, perempuan, juga lansia.

Atas donasi yang terkumpul dan kepercayaan masyarakat terhadap LAZISNU, Manager Fundraising dan Program LAZISNU PBNU Anik Rifqoh menyampaikan terima kasih sekaligus apresiasi. Pihaknya berkomitmen untuk terus mendampingi saudara-saudara di Gaza melalui penggalangan yang tidak berhenti.

Ia menambahkan, LAZISNU PBNU bersama donatur di seluruh dunia dan para mitra; Paragon Corp dan Majelis Telkomsel Taqwa (MTT) akan kembali menyalurkan bantuan berupa makanan, obat-obatan dan hygiene kit, pasokan air, dan selimut musim dingin.

“Kami secara khusus juga memberikan apresiasi dan rasa terima kasih setinggi-tingginya kepada para mitra LAZISNU khususnya mitra korporat, institusi, maupun masyarakat umum yang sudah mempercayakan LAZISNU dalam penyaluran bantuan ke Palestina,” tutupnya.

PBNU melalui NU Care-LAZISNU juga mengajak masyarakat untuk menyalurkan bantuan bagi warga Palestina. Untuk memudahkan masyarakat, LAZISNU membuat laman penggalangan Donasi Palestina 2023 melalui tautan nucare.id/program/pedulipalestina.


Penulis: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Aru Lego Triono
Source NU Online
Leave A Reply

Your email address will not be published.