The news is by your side.

Ma’arif Cetak Kader Pramuka Mandiri

Ma'arif Cetak Kader Pramuka Mandiri | NU Online LTN Nahdlatul Ulama Jawa BaratArgapura (Aan Subarhan) – Dalam rangka membentuk kader Pramuka yang tangguh dan mandiri, Yayasan Darul Ma’arif Cikedung Maja Kabupaten Majalengka yang menaungi SMK dan MTs Ma’arif mengadakan Perkemahan Sabuka (Selasa, Rabu, Kamis) Pelantikan Calon Penggalang dan Penegak di Bumi Perkemahan (Buper) Desa Gunungwangi Kecamatan Argapura mulai 30 Oktober – 2 November 2017.

Ketua Panitia Perkemahan, Siti Aura mengatakan kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dan merupakan agenda rutin tahunan. “Untuk tahun ini kita mengadakan perkemahan selama tiga hari dengan tema Mencetak Kader Mandiri untuk mengabdi pada negeri”, katanya.
Siswi Kelas IX MTs Ma’arif ini juga menjelaskan agenda yang akan dilaksanakan dalam kegiatan perkemahan meliputi teknik kepramukaan, keagamaan dan pengabdian kepada masyarakat. ” Sebanyak 300 orang peserta akan digembleng dalam berbagai aktifitas dari mulai kepramukaan, keagamaan dan pengabdian terhadap masyarakat”, jelasnya.

Senada dengan Siti Aura, Pembina Pramuka SMK dan MTs Ma’arif, Aan Subarhan mengungkapkan optimisme dan bangga terhadap semangat dan keseriusan anak didiknya dalam upaya mengembangkan potensi dirinya. “Melihat semangat mereka, saya bangga dan optimis anak-anak bisa membangun karekter dirinya yang tangguh”, ungkapnya dalam Amanat Upacara Pembukaan Perkemahan.

Ketika ditanya tujuan dari kegiatan ini, Aan menjawab sesuai dengan temanya bahwa kegiatan ini merupakan wadah pembentukan kader pramuka yang mandiri dalam upaya mengabdi kepada negeri. “Melalui kegiatan ini diharapkan akan terbangun jiwa mandiri dalam diri siswa sehingga tujuan kegiatan pramuka dilembaga kami berupa mencetak kader tangguh secara intelektual, kokoh keimanan dan keagamaan serta peka terhadap kondisi sosial bisa tercapai”, jawab pria yang juga menjabat sebagai Ketua Kaderisasi PC GP. Ansor Majalengka ini.

Aan juga menambahkan dalam upaya mencetak kader pramuka yang mandiri, dirinya bersama para pelatih terus memberikan pembelajaran baik secara teoritis maupun praktis. “Kita terus menanamkan keilmuan yang bersifat teoritis maupun praktis kepada anak-anak didiknya”, pungkasnya.

Dilain pihak, Ketua Majelis Pembina Gugus Depan (Kamabigus) MTs Ma’arif, Drs. H. E. Afief Alfiana, M.Si menyampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya terhadap pemerintahan Desa Gunungwangi dan masyarakatnya yang telah mengizinkan dan menerima anak didiknya untuk melsksanakan kegiatan perkemahan ini. ” Tentu kami keluarg besar Ma’arif Cikedung mengucapkan terimakasih kepada semua pihak khususnya kepala desa yang telah menerima kami dengan baik”, ucapnya disela-sela upacara pembukaan perkemahan.

Ia juga menambahkan melalui kegiatan ini diharapkan ada manfaat bagi anak didiknya dan masyarakat setempat. “Melalui kegiatan ditempat yang indah dengan suasana pegunungan ini diharapkan banyak manfaat yang bisa didapat oleh lembaganya dan masyarakat. Khususnya syiar pendidikan ma’arif ditengah-tengah masyarakat, ” harapnya.

Sementara itu tampak hadir dalam upacara pembukaan perkemahan sabuka, Ketua Yayasan Darul Ma’arif H. Ade Trisnomulyo, S.Ag, Kamabigus SMK, Dra. H. Tuti Kurniati, M. Ag, Kamabigus MTs, Drs. H.E.Afief Alfiana, M.Si, Pembina Pramuka, Aan Subarhan, Jajaran Civitas Akademika Ma’arif Cikedung, Aparat Desa Gunungwangi dan Ratusan Siswa SMK & MTs Ma’arif Cikedung Maja.

Leave A Reply

Your email address will not be published.