Menteri Pertahanan Resmi Buka Forum Sufi Dunia

12

Pekalongan, NU Online
Menteri Pertahanan Jend TNI Purn Ryamizad Ryacudu membuka secara resmi Forum Sufi Dunia yang digelar di Pekalongan, Jawa Tengah, pada Senin (8/4) dengan pemukulan beduk.

Ia didampingi oleh Rais ‘Aam Idarah Aliyah Jamiyah Ahli Thariqah al-Mutabarah al-Nahdliyah (JATMAN) Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya, Mufti India Syekh Abu Bakar Ahmad, dan Bupati Pekalongan H Asif Kholbihi.

Dalam sambutannya, Menhan menjelaskan sejarah peran ulama tarekat dalam memperjuangkan dan menjaga kemerdekaan Indonesia. “Ajaran para ulama tarekat menjadi akar tumbuhnya nasionalisme dan bangkitnya perlawanan terhadap Belanda,” jelasnya.

Ryamizad berharap hal tersebut dapat diteruskan oleh ulama tarekat saat ini dengan berada di garda terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI. “Ulama tarekat harus berada paling depan untuk menjaga rumah kita yaitu NKRI yang tercinta ini,” harapnya.

Hal yang sama diutarakan oleh Habib Lutfi dalam sambutannya. Di tengah kobaran konflik yang tak berkesudahan ini, tarekat berperan penting. “Peranan tarekat sangat diperlukan untuk keamanan dunia,” tegasnya.
Pertemuan sufi dunia ini diikuti oleh 3500 peserta yang terdiri dari mursyid, muqaddam, badal, khalifah tarekat-tarekat mu’tabarah dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, hadir pula 87 ulama dari 36 negara. (Syakir NF/Muiz)

Sumber : NU Online

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here