Merasa down yang berlebihan dan mudah sensitif

17
Merasa down yang berlebihan dan mudah sensitif

Assalamu’alaikum wr.wb.

Saya, laki-laki berumur 22 tahun. Saat ini saya kuliah jurusan arsitektur. Saya mau bertanya “Apakah normal bagi saya untuk merasa down yang berlebihan dan mudah sensitif? Hal seperti ini tentunya membuat saya dijauhi oleh orang lain termasuk orang tua saya. Saya semakin down dan depresi berat.  Kadang saya selalu menangis setiap malam dan gak pernah happy.  Rasanya pengen depresi ini menjauh dari saya. Saya rasanya ingin escape. Saya gak peduli kalo orang lain devastated kalo saya ga ada, karena merekanya aja ga mau deket karena saya mudah depresi dan sensitif.

Wassalamu’alaikum wr wb

Iklan Layanan Masyarakat

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saudara A yang baik, terima kasih Anda bersedia berbagi cerita dengan kami. Satu hal yang perlu Anda ketahui adalah Anda memiliki keinginan kuat untuk menyelesaikan masalah ini. Saya mengapresiasi upaya Anda ini, karena tidak semua orang memiliki motivasi seperti Anda. Hal itu sekaligus menjadi potensi yang besar bagi Anda untuk terbebas dari masalah ini.

Saudara A…..

Sesungguhnya tiap manusia itu selalu memiliki kelebihan dan kekurangan, memiliki kebaikan dan keburukan. Manusia selalu memiliki sisi positif dan negatif. Tidak ada manusia yang memiliki hanya satu dari hal tersebut. Dengan kata lain, tidak ada manusia yang selalu buruk, selalu salah, selalu gagal, selalu tidak beruntung, selalu bersifat jahat atau selalu negatif. Demikian sebaliknya. Tidak ada manusia yang selalu beruntung, selalu baik, selalu benar, selalu sukses atau selalu positif. Manusia selalu menjalani hidupnya bergantian dari dua kutub tersebut.

Jika kita sudah memahami hal tersebut, maka ketika kita berada dalam satu kondisi tertentu, kita bisa bersikap dengan tepat karena kita sadar bahwa hal itu hanyalah episode hidup yang harus kita lewati. Episode itu tidaklah statis, tapi dinamis dan terus bergerak. Jika satu saat gagal, pasti akan tiba saatnya kita sukses. Jika kita salah, pasti suatu saat akan benar, dan jika kita sedih, akan tiba waktunya juga kita bahagia.

Selain itu kita perlu memahami bahwa kita tidak lepas dan lari dari masalah.  Masalah adalah satu hal yang memang berada bersama kita. Oleh karena itu kita harus bisa berdamai dengan masalah. Jadikan masalah itu batu pijakan bagi kita untuk terus bertumbuh menjadi pribadi yang lebih kuat.

Ketika masalah datang, pertama sadarilah bahwa kita sedang memiliki masalah. Kesadaran ini akan membuat kita bisa mengantisipasi dengan baik. Kedua, berjaraklah dengan masalah. Hal ini penting agar kita bisa melihat masalah itu dengan jernih. Berjarak di sini bisa dilakukan dengan menjauhi sumber masalah atau tidak larut terlalu dalam memikirkan masalah tersebut. Berjarak juga berguna untuk menjaga agar kita tetap rasional dan tidak larut dalam situasi emosional. Emosi di sini tidak sama dengan marah, karena emosi itu ada yang positif dan negatif. Semua jenis emosi ini berpotensi menghalangi fungsi rasional kita.  Ketika ada masalah kita pasti dalam kondisi emosional yang besar. Oleh karena itu agar rasional kita tetap bekerja ketika ada masalah, kita perlu menjaga agar jangan sampai kita dikendalikan emosi. Itulah mengapa penting bagi kita untuk berjarak dengan masalah.

Hal lain yang perlu direnungkan adalah banyak hal indah dalam hidup ini. Cobalah berlatih untuk menemukan keindahan, hal baik dan hal positif pada semua yang ada di sekitar kita. Kalau sudah berhasil menemukannya, cobalah untuk merenung dan merasakan dalam diri kita. Rasakan betapa nyamannya hati kita ketika melihat, memikirkan dan merasakan hal-hal indah dan positif. Lakukanlah berulang –  ulang hingga nanti kita akan bisa melihat hal positif dalam masalah kita.

Jika itu bisa kita lakukan, otomatis pikiran kita, perkataan kita, perbuatan kita akan diliputi dengan hal baik dan positif. Jika itu terjadi, maka kita akan menjadi pribadi yang menyenangkan bagi orang lain. Pada akhirnya Anda akan disenangi orang lain dan Anda akan merasa lebih bermakna hingga akhirnya Anda akan berusaha untuk menjalani hidup ini dengan indah.

Mudah-mudahan ada manfaatnya dan semoga Anda senantiasa dilimpahi kebahagiaan dan memiliki kehidupan yang penuh keindahan.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam hormat

Muhammad Fakhrurrozi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here