Nasionalisme Belum Tuntas, Ansor Kota Jayapura Gelar Tour Kebangsaan Sambut HUT RI

19
Nasionalisme Belum Tuntas, Ansor Kota Jayapura Gelar Tour Kebangsaan Sambut HUT RI

Kota Jayapura, NU Online – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI)  Senin (17/8) menggema di sekujur Nusantara, termasuk di tanah Papua. Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP)  Ansor Kota Jayapura, Papua, merayakan HUT RI dengan menggelar Touring Kebangsaan. Yakni tour untuk tabur bunga ke makam pahlawan nasional asal Papua, Mayor Tituler Marthen Indey.

Acara yang dilepas oleh Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Papua, H Tony Victor Mandawin Wanggai itu start di taman IMBI Kota Jayapura. Touring yang diikuti 400-an motor itu menyusuri jalan sejauh 60 kilometer untuk menuju makam sang pahlawan di Desa Sabron Sari, Distrik Sentani Barat, Kabupaten Jayapura.

Menurut Ketua PC GP Ansor Kota Jayapura, Papua, Ahmad Muhazir, dipilihnya acara nyekar tersebut karena selama ini tokoh nasional itu kurang mendapat perhatian dari masyarakat dan pemerintah. Karena itu, Ansor Kota Jayapura memelopori kunjungan ke makam Marthen dengan harapan kelak  ada perhatian khusus dari pihak-pihak terkait. Apalagi katanya, selama ini di momentum 17-an tidak ada yang mengunjungi makam Marthen selain hanya TNI.

Iklan Layanan Masyarakat

Dengan ini, lanjut Muhazir, pihaknya berharap terbukanya kesadaran pemerintah untuk lebih memperhatikan kondisi makam pahlawan dan keluarganya yang hidup dengan keterbatasan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here