Ngaji Kitab Al-Hikam bersama KH. Asep Mukhtar Rifa’i Banjaran : Hikmah ke-14

446

الكون كله ظلمة وإنما أناره ظهور الحق فيه.

Ngaji Kitab Al-Hikam bersama KH. Asep Mukhtar Rifa’i Banjaran : Hikmah ke-14“Segala sesuatu selain Allah (kaun) adalah kegelapan. Cahaya Sang Kebenaran-lah yg meneranginya.

فمن رأى الكون ولم يشهده فيه فقد أعوزه وجود الأنوار وحجبت عنه شموس المعارف بسحب الآثار.

“Barang siapa yg melihat kaun tapi tidak menyaksi-Nya di dalamnya, sungguh ia kehilangan cahaya, dan matahari makrifat terhalang dengan awan duniawi darinya”

Kegelapan itu membuat segala sesuatu menjadi tak terlihat, seakan-akan tidak ada. Indahnya alam sirna dari pandangan ketika malam datang. Hanya cahaya matahari yg bisa menghadirkan kembali keindahannya itu.

Iklan Layanan Masyarakat

Jiwa dan hati membutuhkan matahari kemakrifatan agar bisa melihat Keagungan-Nya, memandang Keindahan-Nya , merasakan Kelembutan dan Kasih-Nya dalam segala sesuatu.

Suatu hari Nashruddin Khoja dimintai obat oleh tetangganya yang sakit perut. Bukannya obat sakit perut yang diberikannya, malah obat sakit mata. Tetangga itu protes. Apa kata Nashruddin? ‘Sudah tahu makan banyak cabe bikin perut sakit, kamu malah memakannya. Jadi yg bermasalah itu perutmu atau matamu? ”

[بنجاران ١٤-٠١-١٨]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here