Ngaji Pasanan, Semua Benda Jadi Saksi Amal Umat Nabi Muhammad di Bulan Ramadhan

24

Kudus, NU Online

Ramadhan disebut sebagai bulan yang dikhususkan kepada umat Nabi Muhammad SAW. Oleh sebab itu, semua makhluk, termasuk benda mati, turut menjadi saksi atas amal yang dilakukan pada bulan mulia ini.

Hal itu dikatakan oleh Kiai Abdul Hamid menukil keterangan dari kitab Zubdat al-Wa’izin pada kultum bakda shubuh di Mushala Pondok Raudlatul Falah Pranak, Kudus, Jawa Tengah, Kamis (09/05).

“Termasuk sandal, piring, dan seisi rumah itu turut jadi saksi dan mendoakan umat Nabi Muhammad yang beribadah di bulan Ramadhan,” katanya.

Kiai Abdul Hamid menambahkan, dalam kitab ini diterangkan sandal yang dipakai pergi ke masjid atau ke majelis ilmu itu bersaksi. Benda-benda itu juga mendoakan supaya si pemakainya bisa melewati jembatan sirath al-mustaqim dengan cepat dan selamat.

“Demikian itu saking mulianya umat Nabi Muhammad saat Ramadhan,” jelasnya.

Tidak hanya itu, kata Kiai Abdul Hamid, semua perabotan rumah yang digunakan ketika berbuka ataupun sahur di bulan Ramadan juga mendoakan. Benda-benda itu berdoa agar Allah SWT memberikan tambahan berkah dan rizki yang melimpah selain apa yang dimakan orang yang berpuasa itu.

Selain perabotan, rumahnya juga turut mendoakan agar para penghuninya itu selalu dilindungi dari siksa kubur dan api neraka. Supaya juga hidupnya selalu teduh, nyaman, aman, dan tentram. “Begitu doa rumah, piring, gelas, sendok itu kepada kita semua yang mau berpuasa di bulan Ramadhan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Kiai Abdul Hamid juga menyampaikan bahwa seluruh tasbih, sujud, ruku’, dan segala amal yang diperbuat oleh semua malaikat Allah dikhususkan kepada umat Nabi Muhammad. Menurutnya juga, Allah SWT sangat membuka lebar peluang pahala kepada umat Nabi Muhammad pada bulan ini.

“Ibarat dagang, Allah SWT menjual sesuatu yang berharga dengan harga yang sangat murah di bulan Ramadhan,” ujarnya.(Farid/Muiz)

Sumber : NU Online

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here