NU Kirim Sembako ke Daerah Terdampak Gempa Sulbar

22
NU Kirim Sembako ke Daerah Terdampak Gempa Sulbar

Jakarta, NU Online
NU Peduli Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara mengirimkan bantuan berupa ratusan paket sembako ke daerah terdampak gempa di Sulawesi Barat, Ahad (17/1). Posko pengungsian di Kabupaten Majene menjadi penerima pertama bantuan dari NU Peduli Kabupaten Konawe. 

Ketua NU Care-LAZISNU Kabupaten Konawe Muhammad Agus mengatakan, pihaknya telah mengirim dua orang relawan inti untuk mendistribusikan bantuan yang telah digalang sesaat setelah terjadinya gempa tektonik di Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju, Sulbar. Agus melaporkan, penggalangan dana yang dilakukan NU Care-LAZISNU berhasil menghimpun Rp15 juta lebih dari para dermawan. 

“Kami telah mengirimkan bantuan, mudah-mudahan membantu meringankan beban masyarakat terdampak gempa,” kata Agus dihubungi NU Online dari Jakarta, Ahad (17/1) sore. 

Iklan Layanan Masyarakat

Agus menambahkan, bantuan yang diberikan yakni kebutuhan dasar yang dibutuhkan oleh para korban antara lain beras 40 zak masing-masing 10 kilogram, air minaral 60 dus, mie instan 30 dos, tikar 10 buah, dan terpal atau tenda 5 buah. 

Lalu, kebutuhan bayi seperti popok dan lain-lain. Selanjutnya, masyarakat yang diberi bantuan yakni mereka yang menjadi korban gempa di Kabupaten Majene, sementara korban lain di Kabupaten Mamuju masih dalam tahap persiapan.

Agus menerangkan, di tengah banyaknya musibah yang menimpa masyarakat Indonesia pihaknya mengajak semua elemen bangsa untuk bergotong royong memberikan bantuan. Paling penting kesadaran untuk saling membantu satu sama lain ada pada benak masyarakat. 


“Indonesia sedang berduka banyak musibah bencana di mana-mana antara lain di Kalsel, di Sulbar. Kesadaran kita yaitu kudu saling bantu,” tuturnya.

Lalu, Agus meminta kepada masyarakat agar tetap tenang. Tidak melakukan penjarahan sehingga bantuan dapat dibagikan secara merata. 


“Tadi dilaporkan, mobil kami sudah dihadang para penjarah. Untung ada teman-teman Satpol PP,” katanya. 

Untuk diketahui, bencana gempa bumi tektonik, yang terjadi di Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), pada Jumat (15/1/21) pukul 02.28 WITA dengan kekuatan 6,2 Magnitudo mengakibatkan sejumlah fasilitas bangunan dan jalan rusak parah, serta tercatat sejumlah warga meninggal dunia.

Berbagai elemen atau lapisan masyarakat dari luar Sulawesi Barat, bahu-membahu memberikan bantuan untuk korban yang terkena bencana, mulai dari bantuan logistik hingga bantuan tim relawan.

Pewarta: Abdul Rahman Ahdori
Editor: Kendi Setiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here