PBNU: Kawal Implementasi Perpres Pendidikan Karakter dalam APBD!

17

PBNU: Kawal Implementasi Perpres Pendidikan Karakter dalam APBD!Surakarta, NU Online

Sekretaris Jenderal PBNU H A Helmy Faishal Zaini mengatakan, Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter yang terbit pada September lalu perlu pengawalan dari berbagai pihak salah satunya legislatif.

“Perpres pendidikan karakter ini perlu tindakan aktif dari kita untuk melindungi anak bangsa dari virus radikalisme, narkoba dan ancaman lainnya. Perlu pengawalan dan tindakan afirmatif melibatkan madrasah diniyyah di daerah sekitar sekolah berada,” tuturnya dalam Workshop Implementasi Perpres Nomor 87 Tahun 2017 di Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (14/10).

Iklan Layanan Masyarakat

Dalam forum bertajuk “Mendorong Pembangunan dan Pendidikan Karakter dalam APBD” itu, ia menuturkan Perpres ini bisa melindungi dan melibatkan secara aktif madrasah diniyyah mewujudkan karakter bangsa yang hendak dicapai. Jangan sampai, lanjutnya, kita yang berjuang pihak lain yang memanfaatkan.

“Dengan Perpres ini kita bisa berbuat untuk eksistensi Madin (madrasah diniyyah) dan guru ngaji bahkan terlibat aktif. Kita harus ambil peran sebelum diserobot pihak sana yang secara jelas melemahkan nasionalisme,” tegas pria kelahiran Cirebon ini.

Helmy menambahkan, data sebuah lembaga penelitian di Singapura mengungkap bahwa empat persen warga Indonesia setuju dengan ISIS. Jangan sampai, lanjutnya, di Indonesia terjadi peristiwa seperti di Filipina.

“Sekitar 10 juta warga setuju dengan semua yang dilakukan ISIS mendirikan khilafah. Itu bukan jumlah yang sedikit. Yang terjadi di Filipina gerakan mereka diamini masyarakat umum,” tuturnya mengingatkan.

Acara lokakarya ini terselenggara atas kerja sama antara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Tengah dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk membahas teknis implementasi Perpres Nomor 87 Tahun 2017. Ratusan anggota fraksi PKB DPRD se-Jawa Tengah tampak antusias mengikuti acara. (Red: Mahbib)

Sumber : NU Online

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here